Perawat Hipnoterapi Korban Gempa Pidie

Sumberpost.com | Pidie Jaya – Organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Aceh membantu korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya melalui upaya penyembuhan luka psikologis kepada korban yang mengalami trauma pasca bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya.

Instruktur hipnoterapi, Azmi mengatakan, upaya penyembuhan trauma dilakukan melalui metode hipnoterapi kepada korban, baik di posko-posko pengungsian maupun korban gempa yang datang ke posko PPNI Aceh, serta para relawan yang membutuhkan layanan hipnoterapi selama masa tanggap darurat.

“Kegiatan penyembuhan trauma dengan metode hipnoterapi ini memasuki pekan kedua,” kata Azmi.

Hipnoterapi dilakukan oleh Azmi dan Ismayadi dari Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) perwakilan Sumatera Utara serta dibantu oleh mahasiswa keperawatan yang tergabung dalam ILMAKA.

Menurut Azmi, korban trauma umumnya terlihat sehat secara fisik, namun ketika dihadapkan pada kondisi tempat tinggal yang porak-poranda akibat bencana, sisi traumatis akan kembali muncul.

Dikatakan Zoel Fahmi, mahasiswa akademi keperawatan di Aceh, dalam pemulihan trauma korban diajak untuk melupakan segala trauma atau kenangan buruk atas bencana yang menimpa lingkungannya dan diberikan motivasi untuk melanjutkan kegiatannya di masa-masa mendatang.

Sebelumnya gempa 6,4 SR melanda sejumlah daerah di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, dan Bireun pada Rabu, 7 Desember 2016 lalu. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai