PFI Kumpulkan Rp. 17 Juta Lebih Donasi dari Lelang Foto

Sumberpost.com | Banda Aceh – Minggu (25/12/2016) sore, Taman Putroe Phang, Banda Aceh, dihadiri puluhan pengunjung. Selain berakhir pekan, mereka datang untuk melihat-lihat 63 frame foto tentang bencana Gempa Pidie Jaya yang dipamerkan di taman itu.

Beragam foto bencana itu adalah hasil jepretan fotografer di Aceh dan Medan yang tergabung dalam komunitas Pewarta Foto Indonesia (PFI). Rekaman visual itu mampu memberikan informasi kepada pengunjung tentang suasana di lokasi gempa.

Diantara foto-foto itu, terlihat hasil jepretan Junaidi Hanafiah, Chaideer Mahyuddin, Reza Munandar dan fotografer lainnya, mereka ada yang bekerja untuk media lokal, nasional bahkan internasional.

Foto yang dipamerkan di Putroe Phang itu di lelang sore tadi. Hasil dana lelang seluruhnya disumbangkan dalam bentuk alat tulis dan perlengkapan sekolah kepada anak-anak korban gempa bumi di Pidie Jaya.

Hingga waktu lelang berakhir, ada delapan foto yang berhasil di lelang, dengan total nominal Rp. 17.417.000. Dana itu akan disumbangkan kepada korban bencana gempa awal Desember 2016 lalu.

Ketua PFI Aceh, Fendra saat membuka lelang foto mengatakan, pameran dan lelang foto dilakukan selain untuk galang donasi, juga untuk menyadarkan warga bahwa Aceh merupakan daerah yang rawan bencana. Karenanya, setiap masyarakat harus tetap waspada.

Selain itu, bencana juga erat berhubungan dengan lingkungan hidup. Mengutip sebuah kata, Fendra berujar, “ketika pohon terakhir sudah di tebang, saat itu manusia baru percaya, kalau uang tidak bisa di makan. Maka mari kita jaga bumi kita.”

Sementara Hendra Syamhari, Bendahara PFI Medan mengatakan, hal lain yang bisa didapat dari kegiatan itu adalah cepat tanggap bencana. Masyarakat harus paham tentang hal itu bila bencana terjadi. []

Aprizal Rachmad | foto: Budi Fatria/PFI Aceh

Mungkin Anda Menyukai