Bedah Buku Tusop di UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Buku berjudul “Memperbaiki Orang Kuat, Menguatkan Orang Baik” pemikiran Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab dalam membangun umat dibedah di Gedung Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry, Banda Aceh pada Jum’at (6/1/2017).

Ketiga pembedah buku tersebut yaitu Guru Besar Unsyiah, Prof Mustanir Yahya, Antropolog Aceh, Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, serta Redaktur Politik Hukum dan Keamanan Harian Serambi Indonesia, Yocerizal.

Pembedahan buku ini dipandu langsung oleh moderator Mujiburrijal. Dalam kesempatan tersebut, setiap pembedah diberi kesempatan masing-masing 10 menit dalam berkomentar serta mengoreksi buku tersebut.

Sementara itu, Tgk H. Muhammad Yusuf A. Wahab atau yang lebih dikenal Tusop dalam paparannya mengatakan bahwa buku tersebut merupakan karya pertama yang ia tulis. Selama ini, Tusop mengakui bahwa dirinya dalam mencurahkan pemikirannya kepada orang lain hanya melalui ceramah-ceramah serta pengajian-pengajian di dayah miliknya di Bireuen serta beberapa tempat di Aceh.

Atas dasar itulah, Tusop mempunyai komitmen dan tekat untuk mengabadikan pemikiran tersebut menjadi sebuah buku sehingga kelak dapat dibaca oleh orang lain.

“Kalau berbicara selama ini sudah terus menerus dan saya berkeinginan pemikiran saya ini dicurahkan lewat tulisan, tentunya buku ini milik kita semua, karena banyak yang membantu dalam proses pembuatan buku ini,” ujar Tusop.

Dalam buku ini, Tusop mengurai tentang pemikirannya mulai dari pengetahuan fardhu ain hingga pentingnya politik Islam. Tusop mengakui bahwa dalam buku tersebut masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk sama-sama membantu menyempurnakan isi buku tersebut di cetakan kedua nantinya.

“Saya sangat berharap kepada semua pihak mari sama-sama kita sempurnakan buku ini, ini milik kita bersama,” tutur Tusop yang juga pimpinan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb, Bireuen ini.

Pada acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tamu undangan di antaranya yaitu Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Syamsul Rijal, Kolektor Manuskrip Aceh, Tarmizi A.Hamid, LSM, Ormas, Dosen dan Mahasiswa.[]

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai