Universitas Serambi Mekkah Kembangkan Otomasi Perpustakaan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka mewujudkan program pengembangan sistem otomasi perpustakaan Perguruan Tinggi berbasis web, Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh bersama Aceh Library Consultant (ALC) melakukan otomasi dan digitalisasi sistem perpustakaan di perpustakaan kampus setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu hingga Minggu (21-22 Januari 2017).

Rektor Universitas Serambi Mekkah H. Abdul Gani Asyik, melalui kepala UPT. Perpustakaan, Sri Wahyuni mengatakan, perpustakaan merupakan jantung sebuah perguruan tinggi yang menjadi sumber belajar dan referensi bagi mahasiswa.

Karena itu, dibutuhkan terobosan dengan melakukan otomasi perpustakaan guna meningkatkan layanan serta kemudahan dalam temu kembali informasi.

“Walaupun belum maksimal, namun setidaknya terobosan ini bisa membantu temu kembali informasi serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap sivitas akademika Universitas Serambi Mekkah,” katanya, di sela-sela bedah perpustakaan di kampus Serambi Mekkah.

Ia juga menjelaskan, seiring dengan meningkatnya jumlah koleksi dan pengunjung perpustakaan, maka efisiensi, kecepatan, dan akurasi sangat dibutuhkan dalam mengelola perpustakaan. Untuk mewujudkannya perpustakaan untuk saat ini dituntut untuk mengadopsi perkembangan teknologi informasi agar dapat meningkatkan mutu layanan perpustakaan.

Sementara itu, penanggungjawab pelaksana bedah perpustakaan Universitas Serambi Mekkah, Arkin, menjelaskan pihaknya selama 2 hari ini akan fokus pada pengembangan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS.

“Tahap awal kita fokus pada pengembangan sistem otomasi dengan menggunakan software SLiMS. Setelah data semuanya terintegrasi dari manual ke otomasi”, jelasnya.

Dalam hal ini, kata Arkin selaku Manager Program dan Kerjasama ALC, pihaknya juga akan membuat MoU dengan kampus Serambi Mekkah terkait pengembangan dan pendampingan serta pelatihan bagi staf perpustakaan. [Rilis]