Ini Filosofi Maskot Pionir VIII

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry akan menjadi tuan rumah penyelengara event nasional Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) VIII. Kegiatan yang berlangsung pada 26 April hingga 1 Mei 2017 itu melibatkan 56 kampus dan 200-an atlit se-Indonesia.

Terkait maskot Pionir tahun ini, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry sekaligus Ketua Panitia Pionir VIII, Prof. Syamsul Rijal mengatakan, pihaknya sengaja menjadikan burung cempala kuning sebagai maskot Pionir tahun ini.

Dikatakan Syamsul, burung cempala kuning atau dalam bahasa Aceh disebut ceumpala kuneng, merupakan fauna identitas Provinsi Aceh, mendampingi bunga jeumpa yang dijadikan flora identitas.

Burung ini menjadi kebanggaan sejak masa Sultan Iskandar Muda (1607 -1636) dan banyak disebut dalam hikayat Aceh.

“Ini adalah burung yang sudah langka dan khas bagi masyarakat Aceh serta mencitrakan budaya orang Aceh itu sendiri. Bahkan ada lagunya dulu tentang Cipala Kuneng ini,” kata Syamsul saat ditemui, Minggu (25/02/2017).

Mengenai kesiapan insfratuktur, ia berujar sudah selesai seratus persen. “Kita sudah siap hadapi PIONIR, tinggal realisasi saja. Cuma kalau dilihat belum muncul karena memang belum waktunya. Jika tiba waktunya kita akan kerja maksimum,” kata Syamsul. [ahf]

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai