Lintas Komunitas Bersihkan Dermaga Ulee Cot

Sumberpost.com | Banda Aceh – Lintas komunitas di Banda Aceh berkolaborasi dalam kegiatan kerja bakti mengumpulkan sampah di Dermaga Ulee Cot, Banda Aceh, pada Sabtu (25/02/2017). Itu dilakukan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2017.

Koordinator acara, Aldi Febryan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasi dan upaya penyadaran kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam laut.

Kerja bakti pungut sampah ini dibagi menjadi dua tim, yaitu tim underwater clean up dan clean up daratan dengan titik lokasi seputaran Dermaga Ulee Cot dengan kedalaman lima sampai 15 meter.

Selama satu jam, para relawan dari berbagai komunitas, penyelam dan dibantu oleh Dinas Kebersihan setempat berhasil mengumpulkan sebanyak 133,8 kilogram sampah darat dan 25 kilogram sampah dalam laut.

Aldi mengatakan, masyarakat, nelayan dan juga pawang laut berkomitmen menjaga laut, seperti tidak membuang oli ke laut .

“Nelayan di sini sudah tidak lagi yang membuang oli di laut dan sudah mengumpulkan oli ke suatu tempat. Pawang laut juga berkomitmen untuk menjaga laut,” kata Aldi

Ia berharap, kedepannya masyarakat lebih peduli lagi terhadap sampah agar tidak merusak lingkungan. “Nelayannya pun kita berharap agar terus menjaga kelestarian alam laut,” harap Aldi. [ahf]

Ridia Armis | foto: Dokumentasi Sumberpost

Mungkin Anda Menyukai