Peringati HPSN 2017, Komunitas Pungut 1.300 Kg Sampah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017, 121 komunitas di Banda Aceh dan sekitarnya turun bersama melakukan kerja bakti pungut sampah pada delapan titik di kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh, Minggu (26/2/2017).

Aksi yang dibuka langsung oleh Wali Kota Banda Aceh itu berhasil mengumpulkan sebanyak 1.137 kilogram sampah, yang terdiri atas 68 kilogram sampah plastik dan 1.069 kilogram sampah non plastik.

Sementara pada aksi pungut sampah di Dermaga Ulee Cot, Banda Aceh, Sabtu (25/2/2017) kemarin, berhasil dikumpulkan 163 kilogram sampah. Total sampah yang berhasil dipungut oleh komunitas selama dua ini berjumlah 1300 kilogram sampah.

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para komunitas yang turut mengambil sampah dalam laut di Ulee Cot kemarin serta memberi edukasi tentang sampah kepada masyarakat

“Kita hari ini bertambah semangat dengan adanya kolaborasi antara pemerintah dan komunitas. Kita bisa bersama-sama mewujudkan Indonesia bebas sampah,” ujar Illiza.

Koordinator kegiatan, Aldi Febryan meminta kepada seluruh kalangan masyarakat untuk peduli terhadap sampah. Jika semua punya komitmen untuk tidak buang sampah sembarangan, Indonesia bebas sampah akan tercapai sebelum 2020.

“Jangan buang sampah sembarangan, pilah sampah, peduli, bisa dimulai dari hal-hal kecil,” kata Aldi saat diwawancara sumberpost.com.

Menurutnya, kesadaran masyarakat Banda Aceh akan sampah sudah baik, namun pemahaman terhadap 3R (Reduce, Recycle, dan Reuse) belum baik. Ia berharap pemerintah untuk menyosialisasi 3R kepada masyarakat. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai