Atlet UIN Terus Berlatih Meski Belum TC

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, menjadi tuan rumah pada pelaksanaan even Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) VIII yang akan dilaksanakan pada akhir April hingga awal Mei 2017. Sebelumnya PIONIR VII dilaksanakan di IAIN Palu, Sulawesi Tengah.

Event akbar tersebut, pada tahun ini diikuti oleh 56 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia. Di Aceh sendiri, PIONIR tahun ini diikuti oleh lima PTKIN, yaitu UIN Ar-Raniry, IAIN Cot Kala, IAIN Malikulsaleh, IAIN Teuku Cut Dirundeng dan STAIN Gajah Putih.

Kegiatan yang direncanakan pada 6-13 Mei 2017 mendatang itu memperlombakan empat bidang perlombaan, yaitu sepuluh cabang olahraga, karya tulis ilmiah dan karya ilmiah qurani, enam cabang seni, debat bahasa Arab, dan debat bahasa Inggris.

UIN Ar-Raniry berharap sukses menyelenggarakan event tersebut dan mendapatkan prestasi. Tentunya untuk mendorong kesuksesan dari cabang lomba yang diikuti UIN Ar Raniry, sekitar 200 atlet dari semua cabang harus sudah dipersiapkan kemampuannya.

Setiap koordinator perlombaan dari UIN Ar-Raniry juga sudah melakukan seleksi calon peserta pada Februari 2017 lalu. Bagi peserta yang lulus, dijadwalkan akan mengikuti pelatihan intensif pada Maret 2017.

Setelah itu, semua atlet dari UIN Ar-Raniry akan menjalani try out pada April. Terakhir, atlet menjalani karantina satu minggu sebelum PIONIR 2017 resmi dibuka.

Koordinator Bidang Olahraga, Baharuddin mengatakan, UIN Ar-Raniry sudah bekerja sama dengan Dispora dan KONI Aceh untuk fasilitasi tempat bertanding. Lapangan sepak bola dan lapangan volly di kampus Ar-Raniry sendiri sudah siap 60 persen dan masih dalam tahap perbaikan.

Ia mengaku, ada kendala financial untuk para atlet berlatih. Kendati begitu, para peserta terus berlatih. Salah satunya Mursyida Ulfah. Atlet olahraga silat itu ia terus berlatih meski di luar jadwal latihan.

“Kami atlet seni regu, jadi sering latihan bertiga di luar jadwal wajib meskipun kemarin ada sedikit kendala karena libur kuliah, jadi ada yang pulang kampung,” kata Syida kepada sumberpost.com pada Sabtu (11/03/2017).

Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal mengatakan, atlet yang profesional tidak terikat dengan Training Center (TC), karena setiap atlet harus setiap hari melatih fisiknya.

“Kenapa TC tidak diadakan sekarang, karena ya belum waktunya. TC diadakan sebulan menjelang PIONIR,” tandasnya saat ditemui sumberpost.com Sabtu (11/3/2017). []

Ridia Armis, Husna Azizah

Mungkin Anda Menyukai