Mahasiswa SKI Pamerkan Benda Kuno di PKFA VII

Sumberpost.com | Banda Aceh – Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry memamerkan sejumlah benda kuno, batu nisan dan buku sejarah di arena pameran PKFA VII UIN Ar-Raniry 2017 di pelataran fakultas tersebut, pada 13-18 Maret 2017.

Sekretaris Jenderal Himpunan Mahasiswa Prodi SKI, Miftahul Ardhy mengatakan, benda kuno tersebut merupakan koleksi dari mahasiswa SKI, Masykur Bin Syafruddin. Masykur yang dikenal sebagai kolektor muda naskah kuno Aceh menampilkan sejumlah benda tersebut selama PKFA berlangsung.

Sedangkan batu nisan merupakan koleksi dari Dayah Darul Ihsan Tgk H Krueng Kalee, Aceh Besar. Ardhy mengatakan, batu nisan tersebut milik keturunan ulama Aceh, Abu Krueng Kalee.

“Batu nisan milik Dayah Nurul Ihsan Krueng Kalee, sedangkan buku sejarah milik dosen dan prodi SKI, dipinjamkan untuk dipamerkan selama PKFA berlangsung,” ujar Ardhy kepada sumberpost, Rabu (15/3/2017) siang.

Sejumlah benda kuno dan buku sejarah tersebut disusun dengan rapi di atas meja yang telah disediakan di setiap stand. Koleksi tersebut menarik perhatian pengunjung pameran.

Selain itu, stand SKI juga menampilkan sejumlah foto-foto kegiatan mahasiswa dalam upaya melestarikan maupun penelitian sejarah dan budaya. Ardhy berharap, dengan adanya pameran tersebut dapat menyadarkan masyarakat dan mahasiswa khususnya dalam menghargai sejarah.

“Mahasiswa harus mengetahui pentingnya mempelajari dan menghargai sejarah, karena semua itu warisan pendahulu-pendahulu kita, dengan adanya pameran ini harapan besar kita agar minat mahasiswa mempelajari sejarah akan meningkat,” kata Ardhy.

Selain pameran, event yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry itu juga memperlombakan sejumlah cabang yang terbagi dalam beberapa kategori yaitu tingat Paud/TK, SD, SMA/MA dan umum. Sejumlah perlombaan tersebut direncanakan akan diumumkan pemenangnya pada malam penutupan 18 Maret 2017 mendatang. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai