Murid Sd 69 Ikut Lomba Mewarnai dan Bercerita

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan (HMP Ilpus) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry mengadakan kegiatan belajar ceria di SD N 69, Banda Aceh, pada Sabtu (18/3/2017).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian agenda Pekan Literasi Informasi dan Teknologi Mahasiswa (PELITA) II. Ada dua lomba yang dilangsungkan pagi tadi, yaitu lomba mewarnai dan lomba Storytelling yang dikhususkan bagi murid SD N 69.

Kepala SD Negeri 69, Mustafa mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh HMJ Ilpus. Menurutnya, murid-murid dapat mengekspresikan dirinya melalui cerita-cerita rakyat dan dapat mengembangkan kreatifitas dirinya sendiri.

Ketua HMJ Ilpus, Fadhallah mengatakan, bercerita merupakan budaya masyarakat yang telah ada sejak zaman dahulu. Orang tua dulu sering berdongeng menjelang anak tidur sebagai media ajar dalam penerapan nilai-nilai moral pada anak.

“Sejauh ini, agenda-agenda yang ada di PELITA II sasarannya murid sekolah, dari SD, SMP dan SMA serta masyarakat pada umumnya dan kepada mahasiswa juga. Berbicara mengenai storytelling yang dulunya diterapkan oleh orang tua, sekarang ini justru tergantikan oleh gadget dan media televisi sehingga nilai-nilai budaya yang ada telah tergeser, ujarnya.

Ia berharap, lomba bercerita tersebut bisa membuat anak-anak bisa hidup dengan lebih sosial serta mudah dalam berekspresi. Lomba storytelling yang dihelat mengangkat kisah-kisah budaya masyarakat Aceh.

Sebelumya kegiatan serupa juga pernah dilakukan di beberapa desa di Kabupaten Pidie Jaya dalam rangka trauma healing bersama korban gempa akhir tahun 2016 lalu.

Kegiatan PELITA II akan dibuka di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Banda Aceh pada Senin (20/3/2017). Kegiatan tersebut akan berlangsung selama seminggu dengan berbagai acara seperti workshop, expo, serta bakti sosial. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai