Wakil Dekan Resmi Buka PELITA II

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pekan Literasi Teknologi dan Informasi Mahasiswa (PELITA) II yang digelar Himpunan Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry resmi dibuka pada Senin (20/3/2017) di aula fakultas setempat.

Kegiatan yang berlangsung pada 20-27 Maret itu dipusatkan di Fakultas Adab dan Humaniora, UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan ICT Center UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Pembukaan PELITA tahun 2017 yang mengusung tema “Gerakan Literasi yang Mencerdaskan Anak Bangsa” dirangkai dengan Seminar Inspiratif oleh pustakawan terbaik nasional, Nazaruddin.

Ketua Umum HMP S1 Ilmu Perpustakaan, Fadhallah mengatakan, PELITA II berlangsung sepekan dengan berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia. Berbagai kegiatan itu fokus pada pengembangan skill dan keterampilan pengelolaan perpustakaan.

Sementara itu, secara terpisah Reza Sahputra, ketua pelaksana menyebutkan, pihaknya menggelar beberapa kegiatan seperti perlombaan dan pelatihan. Ada delapan lomba yang dibuat, diantaranya lomba buat poster, fotografi, rangking 1, cipta puisi, dan menulis essay.

Selain itu kata dia, pada PELITA ke II ini akan dilakukan kegiatan revitalisasi perpustakaan yang dipusatkan di Gampong Blang Krueng, Aceh Besar dan Gampong Kuta Trieng, Pidie Jaya. Juga ada roadshow wisata ke perpustakaan kuno tanoh Abe, Aceh Besar serta kegiatan Book Fair dan kegiatan kemanusiaan seperti donor darah.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Adab dan Humaniora, Nasruddin mengatakan, mahasiswa yang fokus di bidang perpustakaan harus melek dan sadar terhadap informasi.

“Dunia yang semakin tidak bertepi, kita tidak tahu lagi batas dunia. Informasi-informasi saat ini bisa dicapai dalam hitungan detik, maka kita harus melek dengan perkembangan teknologi dan informasi,” kata Nasruddin. [Rilis]