Ini Tips Menjadi Sineas oleh Editor Serambi TV

Sumberpost.com | Banda Aceh – Editor Serambi TV, RA Karamullah memberi materi sinematografi kepada puluhan mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry pada Rabu (29/3/2017).

Workshop sinematografi tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (KPM) HMJ KPI yang dihelat di Aula FDK.

Karamullah dalam pemaparannya mengatakan, para sineas muda hari ini mudah putus asa apabila karyanya belum dihargai. Untuk menghindari hal tersebut, ia berpesan agar setiap karya yang sudah dibuat diikutkan dalam berbagai festival dan dipublikasi melalui berbagai media sosial yang ada.

“Tunjukkan setiap karya itu setidaknya kepada teman. Karena kritik yang disampaikan akan membawa perbaikan pada karyamu selanjutnya,” kata Karamullah.

Selanjutnya ia berharap agar para sineas muda tidak terpaku dengan alat yang canggih. Menurutnya, alat yang sederhana akan menjadi karya besar bila dibarengi dengan kreatifitas yang tinggi.

“Kamera DSLR, tripod dan drone, saya menyebutnya semua itu racun. Gunakan apa yang ada dulu, jika karyamu sudah diperhitungkan maka semua itu akan mudah didapat,” ungkapnya.

Ketua HMJ KPI, Riski Ramadhan mengatakan, perlunya mengadakan workshop tersebut mengingat dunia perfilman hari ini yang tengah berkembang. Ia berharap agar kedepan mahasiswa KPI lebih produktif lagi dalam menghasilkan karya, khususnya di perfilman.

“KPI UIN Ar-Raniry harus bisa bersaing dengan kampus lain,” tandasnya.

Selain pemberian materi dasar mengenai pengambilan gambar, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktikan langsung dengan mengambil gambar di sekitaran area Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Selanjutnya pemateri memberikan revisi sekaligus kritikan terhadap gambar yang sudah diambil oleh peserta. [ahf]

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai