Wakil Rektor Buka Workshop Video Kreatif

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost UIN Ar-Raniry mengadakan Workshop Video Kreatif di Ruang Seminar Internasional Center for Aceh and Indian Ocean Studies (ICAIOS), Darussalam, Banda Aceh.

Workshop yang berlangsung selama dua hari pada Jumat dan Sabtu, 31 Maret-1 April 2017 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Prof Syamsul Rijal, pada Jumat (31/3/2017).

Dalam sambutannya, Syamsul Rijal mengatakan video dapat mengubah cara pandang seseorang yang menontonnya. Oleh karena itu, ia berharap kepada peserta workshop yang telah mendapatkan materi dalam kegiatan ini dapat mempraktekannya serta mempublish kepada orang banyak.

“Dengan adanya workshop ini saya berharap akan lahir video-video kreatif yang memancing orang untuk berubah dan berpartisipasi,” kata Syamsul.

Ia mencontohkan, misalnya seseorang mengalami kecelakaan di jalan raya. Maka, para peserta workshop harus mampu untuk membuat video kejadian tersebut dengan narasi yang dapat memberi pelajaran kepada orang lain yang menontonnya.

“Bagaimana gambar anda buat visualnya dapat meningkatkan kesadaran orang lain, dalam kata lain ini namanya kritik sosial,” ujar Syamsul.

Pimpinan Umum UKPM Sumberpost, Abdul Hadi Firsawan mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya yaitu pelatihan jurnalistik tingkat dasar dan Klinik Foto yang diadakan beberapa bulan lalu. Ia berharap, para peserta dapat mengikuti pelatihan tersebut sampai selesai hingga Sabtu besok.

“Dalam workshop ini ada materi tentang bagaimana visual yang baik, memunculkan ide yang baik dan bagaimana cara merealisasikan ide,” kata Hadi.

Sementara, Ketua Panitia Sara Masroni berharap dengan adanya kegiatan ini mampu melahirkan video maker yang kreatif dan menghasilkan karya yang mampu merubah publik.

Ada tiga pembicara dalam kegiatan ini yaitu pemateri Windy Phagta dari film maker yang memberi materi teknik visual kreatif, Davi Abdullah dari Kompas TV yang memberi materi video marketing, serta Amri dari Aceh Movie Maker yang beri materi edit video. []

Muhammad Fadhil, RA. Ardy

Mungkin Anda Menyukai