Warga Italia Bersyahadat di UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pria asal Italia, Giovanni Serritella resmi memeluk Islam di Masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Sabtu (8/4/2017).

Sebelumnya, Giovanni Serritellah menganut Katolik dan menetap di Jakarta. Prosesi pensyahatan tersebut dipandu oleh Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Yusni Sabi.

Dalam kesempatan itu, Yusni Sabi menceritakan awal perkenalannya dengan Giovanni. Disebutkan, perkenalan tersebut sudah berlangsung sejak belasan tahun silam, tepatnya pada masa rekontruksi pasca gempa dan tsunami Aceh 2004 lalu. Pada saat itu, Giovanni berprosesi sebagai atase Uni Eropa yang ditugaskan ke Aceh.

“Beliau sangat banyak berbuat untuk Aceh. Pada saat itu (Giovanni) tinggal di Keutapang dan saya sangat mengenalnya, beliau menganggap saya bukan hanya persahabatan tetapi saudara, pada saat itu saya rektor dan hubungan silaturrahmi terus kami lakukan meski beliau sekarang menetap di Jakarta,” kata Prof Yusni.

Ia menjelaskan, keinginan Giovanni masuk Islam sudah mulai ditunjukkan beberapa tahun lalu. Menurut Gionanni, Islam merupakan agama yang damai, dan humanis. Sekitar tiga tahun lalu Giovanni diundang ke Pascasarjana UIN Ar-Raniry dalam sebuah kegiatan .

“Beliau menyukai teologi, kita pernah undang ke pasca sarjana untuk menjelaskan bagaimana tentang wujud Allah, baqanya Allah, qidamnya Allah, bagaimana baharunya alam, bagaimana proses-proses itu semua beliau tunjukkan di pasca sarjana bagus sekali, tiga tahun yang lalu kalau tidak salah,” ujar mantan Rektor IAIN Ar-Raniry (sekarang UIN) ini.

Rencananya, Giovanni akan menikahi seorang wanitia asal Banten di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh pada Minggu besok, 9 April 2017 pukul 10.00 WIB. Yusni Sabi mengajak mahasiswa dan warga Kota Banda Aceh untuk sama-sama menyaksikan prosesi nikah itu.

“Beliau sudah pernah kawin, tetapi istrinya sudah meninggal di rumah sakit di Singapura karena menderita kanker,” jelas Yusni Sabi.

Prosesi pensyahatan tersebut turut disaksikan Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibarahim, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Syamsul Rijal, dekan di UIN Ar-Raniry, mahasiswa dan sejumlah perangkat Gampong Rukoh. []

Muhammad Fadhil