Aktivis HAM Isi Kuliah Umum Prodi Pendidikan Kimia

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry mengundang Aktivis HAM (Hak Asasi Manusia) Suraiya Kamaruzzaman untuk mengisi kuliah umum di UIN Ar-Raniry pada Senin (17/4/2017).

Kegiatan yang mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Muda yang Peduli, Integritas dan bertanggung Jawab” itu diikuti puluhan mahasiswa serta dosen.

Suraiya Kamaruzzaman yang juga dosen tetap pada Fakultas Teknik Prodi Kimia Unsyiah itu memaparkan soal integritas yang harus dimiliki pemuda. “Anak muda yang (berintegritas) dapat dipercaya dengan membuktikan apa yang ia bicarakan serta bersedia menanggung gugat atas apa yang ia lakukan,” ujarnya.

Suraiya menilai, Aceh memiliki pemuda-pemudi hebat yang punya potensi dalam mewujudkan generasi muda yang peduli. Hal itu, menurutnya terbukti saat konflik yang mendera Aceh beberapa tahun lalu, pemuda menjadi tumpuan dan mendorong proses perdamaian.

Untuk itu, Suraiya berharap pemerintah memberikan perhatian khusus pada generasi muda di Aceh. “Pemuda di Aceh lebih dari 37%, angka yang sangat tinggi dan mereka akan melakukan pergerakan dan memberikan perubahan ke depan.”

Bicara soal integritas, juga termasuk nilai kecerdasan. Pemuda, lanjut Suraiya, perlu mempelajari informasi yang belum tentu kebenarannya. Realita sekarang menurutnya menunjukkan ada banyak anak muda yang suka copy-paste berita yang tidak benar serta sehingga menjadi fitnah.

Ia berharap pemuda lebih cerdas dalam menilai informasi, bukan hanya melihat dan mendengar dari satu sumber saja. “Jadilah pemuda yang menawarkan solusi, bukan mencaci maki,” tandasnya.

Sebelumnya, Suraiya menceritakan motivasinya menjadi Aktivis HAM karena melihat fenomena dilingkungan tempat ia tinggal mengenai ketidakadilan yang dialami perempuan. Seperti pernikahan dini dan tidak dapat melanjutkan sekolah lagi. []

April Apriani