Perayaan Maha Puja Pangguni Uthiram di Banda Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Umat Hindu di Banda Aceh, pada Minggu (16/4/2017) melakukan perayaan Maha Puja Pangguni Uthiram. Perayaan itu diikuti oleh 40-an umat Hindu etnis Tamil yang memuja Dewa Muruga.

Dalam perayaan hari kemenangan Dewa Muruga itu, para penganut kepercayaan melakukan sejumlah ritual dan memanjatkan doa, seperti meminta kesembuhan atau dagangan makin untung.

Selain itu, umat Hindu juga mengarak arca Dewa Muruga keliling kota. Tanpa menggunakan alas kaki, mereka berjalan dari Jalan WR Supratman, lalu ke Jalan Malem Dagang dan berakhir di Kuil Palani Andewar di Jalan Teungku Dianjung, Banda Aceh.

“Kita bawa keliling arca, kita harus membawa arca ini keluar, untuk melihat dunia luar,” jelas pendeta di Kuil Shri Palena Andewar, Radha Krishna kemarin.

Perayaan Maha Puja Pangguni Uthiram di Banda Aceh sudah dipersiapkan sejak Jumat lalu. Kegiatan tersebut juga digelar setiap tahunnya. Tahun ini, 40-an penganut Hindu dari etnis Tamil datang memeriahkan. Sebanyak 25 diantaranya menetap di Banda Aceh, selebihnya datang dari daerah lain, termasuk Medan.

Menurutnya, tingkat toleransi di Aceh sudah bagus. Hal itu terlihat dari belum pernah terjadi bentrokan antara penganut Hindu yang merupakan minoritas di Aceh. “Hingga sekarang belum ada gesekan apapun,” kata Radha.

Ia berharap, kegiatan tersebut bisa berlangsung lebih baik lagi di tahun depan. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai