Mahasiswa Biologi Pratikum di Pulo Nasi

Sumberpost.com | Aceh Besar – Ratusan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi (PBL) UIN Ar-Raniry mengikuti praktikum lapangan dan studi observasi keanekaragaman hayati di Pulo Aceh, tepatnya di Gampong Deudap, Pulo Nasi, Aceh Besar.

Kegiatan yang dimulai pada Kamis minggu lalu tersebut berlangsung hingga Minggu (16/4/2017).

Kegiatan praktikum Ekologi PBL tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Ekologi Hewan dan Ekologi Tumbuhan.

Menurut Samsul Kamal, salah satu dosen mata kuliah terkait mengatakan, praktikum dan observasi tersebut dimaksudkan agar mahasiswa memahami tata cara praktek dari materi yang telah pelajari di ruang kelas.

Agenda itu juga bertujuan agar mahasiswa memiliki keterampilan dalam melakukan kegiatan penelitian, karena di praktikum mahasiswa dikenalkan dengan berbagai alat dan metodologi yang dapat menunjang penelitian biologi.

Ia berharap, kegiatan itu dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa terhadap keanekaragaman hayati sehingga mahasiswa punya kesadaran yang tinggi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Praktikum yang masing-masing terdiri dari praktikum ekologi hewan dan ekologi tumbuhan tersebut diikuti sebanyak 211 peserta, terdiri dari 4 dosen, belasan asisten laboratorium, 27 panitia dan selebihnya praktikan.

“Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Pihak ASDP-Indonesian Ferry Cabang Banda Aceh yang telah memfasilitasi transportasi, kepada geusyik dan perangkat Gampong Deudap serta instansi-instansi lainnya yang telah memberi izin tempat dan mendukung kegiatan praktikum lapang ini,” ujar Samsul. []

Muhammad Ghafar

Mungkin Anda Menyukai