Pemilihan Ketua HMP di FAH, 1 Pemira dan 3 Aklamasi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam pemilihan ketua Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry yang berlangsung Kamis (20/4/2017), hanya Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan yang melangsungkan pemilihan raya. Sedangkan pada tiga jurusan lainnya, ketua terpilih secara aklamasi.

Pada Jurusan S1 Ilmu Perpustakaan, Muhammad Rizki terpilih sebagai Ketua HMP untuk masa bakti 2017-2018. Calon nomor urut 2 itu terpilih setelah memperoleh 101 suara, unggul 30 suara dengan calon lainnya dari nomor urut 1, Agam Muhammad Zakie Assidieq yang memperoleh 71 suara.

Pemilihan Raya (Pemira) jurusan tersebut berlangsung di pelataran fakultas setempat. Proses perhitungan suara dilakukan pada sore hari dan disaksikan Dekan FAH, Syarifuddin, DEMA FAH, Muhammad Zami, saksi dan para calon, kecuali dari Jurusan D-III Ilmu Perpustakaan.

Sementara tiga HMP lainnya hanya memiliki masing-masing satu calon, yaitu Miftahul Ardhy dari Jurusan SKI, Mutia Khandi dari Jurusan D-III Ilmu Perpustakaan, dan Zaki Alfiza dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Secara otomatis, ketiga calon tersebut ditetapkan menang secara aklamasi.

Ketua Komisi Pemilihan Raya (KPR) FAH, Sayed Fadhli Buchari mengatakan, kurangnya minat mahasiswa menjadi ketua HMP merupakan salah satu penyebab sepinya Pemira tahun ini. Padahal, kata Sayed, pihaknya telah melakukan sosialiasi berupa pemasangan pengumuman di spanduk sebelum pesta demokrasi itu berlangsung.

“Sejak dibuka pendaftaran 10 sampai 15 April hanya ini yang mendaftar, kita tidak bisa memaksa mereka (mahasiswa) maju,” kata Sayed saat dijumpai Sumberpost di lokasi pemilihan.

Sayed juga menyebutkan, terkait dengan pemilihan SEMA dan DEMA, akan dilakukan besok, 21 April 2017 di aula fakultas setempat. Pada pemilihan tersebut, akan digunakan sistem Musyawarah Besar, dimana suara mahasiswa akan diwakilkan oleh beberapa perwakilan mahasiswa dari setiap jurusan di FAH.

“Dijadwalkan Mubes akan dibuka oleh Wakil Dekan III, Pak Bustami,” sebut Sayed.

Sementara, Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Syarifuddin dalam sambutannya sebelum penghitungan suara menyampaikan, setiap organisasi baik kepemudaan, mahasiswa dan politik memerlukan adanya regenerasi atau pergantian. Jika tidak, maka organisasi tersebut tak akan ada kemajuan.

“Periode kepengurusan itu harus digulirkan, saya berharap kepada ketua HMP yang terpilih ini harus mampu membuat program-program yang bersifat membangun nantinya,” kata Syarifuddin. [ahf]

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai