Menteri Agama Diantar ke Arena Pionir dengan Gajah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin resmi membuka Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (Pionir) VIII UIN Ar-Raniry di lapangan sepakbola kampus setempat, Banda Aceh, Rabu (26/4/2017).

Menteri Lukman mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang dan langsung menuju kampus UIN Ar-Raniry. Ia tiba di Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry sekira pukul 09.00 WIB dan disambut Rektor, Prof Farid Wajdi Ibrahim, Ketua Pionir Prof Syamsul Rijal, Sekretaris Daerah Aceh, Darmawan dan sejumlah pejabat lainnya.

Di depan gedung rektorat itu, Menteri Lukman, Rektor Farid, dan Sekda Aceh Darmawan langsung menunggangi gajah yang telah disediakan panitia. Ketiga gajah jinak membawa mereka ke lapangan sepakbola UIN, tempat dibukanya event dua tahunan itu.

Gajah-gajah itu bersana Ajis, Mega, dan Isabela. Diiringi pukulan rapai, Menteri Lukman nampak melambaikan tangan ke ribuan peserta maupun mahasiswa yang memadati arena pembukaan.

Kehadiran gajah tersebut langsung menyedot perhatian peserta maupun mahasiswa di sana. Mereka nampak mengabadikannya dengan kamera maupun smartphone.

Untuk diketahui, Pionir kali ini diikuti 2.250 mahasiswa yang berasal dari 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), yaitu 11 UIN, 32 IAIN, dan 12 STAIN. Even ini direncakan akan berlangsung hingga Senin, 1 Mei 2017 mendatang.

Pada pembukaan tadi juga dirangkai dengan penampilan teatrikal yang mengisahkan bencana gempa dan tsunami Aceh 2004 silam, serta tarian kolosal yang melibatkan 600 penari. Di akhir sesi, seluruh kontingen melakukan defile yang diiringi musik daerah masing-masing. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai