Rafli Kande Meriahkan Malam Minggu di UIN

Sumberpost.com | Banda Aceh – Musisi Aceh, Rafli Kande hadir meriahkan panggung seni dan budaya Pionir VIII di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu malam (29/4/2017). Ribuan penonton dari berbagai elemen masyarakat dan peserta Pionir hadir malam tadi.

Rafli yang kerap disapa Kanda Rafli ini, membawakan tiga lagu sekaligus. Membuat para penonton histeris dengan suara emasnya dan lantunan petikan gitarnya yang memukau.

Tembang berjudul Puleh, yang dalam bahasa Indonesia berarti sembuh, merupakan salah satu lagu yang dibawakan Rafli tadi malam. Lagu Puleh mempunyai sejarah tersendiri. Rafli mengungkapkan, lagu itu yang berawal dari pertanyaan Rafli kepada almarhumah neneknya.

“Nenek saya umurnya sudah 90 tahun, rambutnya lebih banyak uban saya daripada nenek saya, giginya masih rapi, paling juga sedikit merah-merah antara gigi karena suka makan sirih, matanya masih terang baca Alquran. ‘Nek, baca apa? Amalannya apa?’ Dia sebutlah itu, ‘Pulihlah zat, pulihlah sifat, pulih nyawo sarato tubuh ya Allah.’ Itu bahasa Padang, bahasa Aceh Selatan,” cerita Rafli bersemangat dalam bahasa Aceh Selatan.

Para penonton kerap bersorak dengan penampilan Rafli. Musisi yang telah dikenal hingga dunia internasional ini tampak piawai menguasai panggung seni.

Lagu Puleh ini mengartikan, setiap manusia senantiasa berdoa kepada Allah SWT dengan meminta harapan diberikan kesembuhan oleh Allah atas segala penyakit yang diderita. []

Indah Zara Putri

Mungkin Anda Menyukai