Warek III UIN Yogyakarta Isi Seminar Nasional di Fakultas Dakwah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakil Rektor III UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Waryono Abdul Ghafur dan Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) IAIN Imam Bonjol Padang, Irta Sulastri menjadi pemateri pada seminar nasional yang diadakan FDK UIN Ar-Raniry, Sabtu (29/4/2017).

Woryono dalam pemaparanya berujar, di abad 21 ini demokrasi berhadapan dengan kekuatan uang, pasar, dan media. Hal ini sangat melemahkan kaum miskin dan terjadinya pengelompokan yang begitu besar dengan para pemilik kekayaan.

“Orang miskin saat ini dilarang sakit, karena katanya berobat itu cuma bisa kepada orang-orang yang punya uang saja,” Kata Waryono saat menyampaikan materinya di Aula FDK UIN Ar-Raniry, Sabtu (29/4/2017).

Ia melanjutkan, kemudahan informasi pada abad ini tidak berdampak dan gagal diubah menjadi pengetahuan.

“Ada banyak data di sana-sini, namun semuanya justru menjadi kemerosotan karena seiring berkembangnya hoax di masyarakat,” kata Waryono.

Pemateri selanjutnya, Irta Sulastri mengungkapkan hal yang sama. Kemajuan media bukan malah mempermudah informasi, tetapi justru menjauhkan yang dekat dan kurangnya rasa sosial yang hadir di masyarakat.

“Seiring kemajuan teknologi informasi, mari kita manfaatkan dengan baik. Jadilah penyeimbang di tengah berkembangnya informasi yang merusak dan membinasakan hari ini,” kata Irta.

Acara ini dihadiri 101 peserta dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Kusmawati Hatta. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai