Ini Alasan Kenapa Mahasiswa Baru Memilih UIN

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menjadi pilihan calon mahasiswa baru di Aceh. Selain daerahnya yang kental dengan syariat, tanah Serambi Makkah ini pun memiliki generasi-generasi emas yang masih sangat cinta terhadap Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin.

Hal ini disampaikan Cut Sri Mulyani, siswa alumni SMAN 1 Pandra, Bireuen, saat ditemui usai Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2017 di Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Selasa (23/5/2017).

Melihat kondisi hari ini, menurutnya, para generasi Aceh mesti membentengi diri agar tidak terjerumus ke arah yang dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Dengan masuk ke UIN, saya berusaha membentengi diri melalui ilmu-ilmu agama yang akan diajarkan nantinya,” kata Icut dengan mantap.

Icut menuturkan, alasan utama dirinya menjatuhkan pilihan di UIN karena pendidikan agama yang diajarkan lebih mendalam.  Ia berujar, baground UIN yang lebih mengutamakan syariat membuatnya lebih nyaman untuk menjalani perkuliahan dibanding di kampus-kampus lainnya.

“Apalagi di UIN ada asrama (Mahad Al-Jamiah), di sana mungkin akan lahir karakter baru bagi kami mahasiswa baru untuk lebih Islami dan saling toleransi,” kata Icut.

Calon mahasiswa alumni SMAN 1 Pandra ini, mengeluhkan soal-soal UM-PTKIN yang begitu banyak membahas materi agama dibandingkan materi pelajaran umum. Hal ini menurutnya dipengaruhi oleh sekolah asalnya dengan baground umum dan sedikit sekali mengajarkan materi agama.

“Apalagi waktu soal bahasa Arab, bingung mau isi apa,” ungkap Icut.

Saat ditanyai mengapa tetap memilih kuliah di tengah banyaknya sarjana yang pengangguran, ia dengan tegas menjawab bahwa tujuan kuliah bukanlah mencari pekerjaan, tetapi lebih kepada memperluas wawasan dan menanamkan karakter intelektual.

“Kerjaan itu gampang, yang penting punya skill. Kenapa tetap kuliah, ya kerena memang pendidikan itu membuat kita memiliki nilai lebih dibandingkan yang lain,” ujarnya.

Cut Sri Mulyani yang merupakan anak ke dua dari lima bersaudara ini, menjatuhkan pilihan pertama pada Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, kedua, Pendidikan Biologi dan ketiga Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berharap, ke depan  melalui UIN Ar-Raniry ia dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi dan lebih bermanfaat serta mampu memberikan warna bagi yang lain.

“Harapan terbesar hari ini adalah, bisa lulus di UIN. Itu saja,” tutupnya.

Dikutip dari webside resminya, UIN Ar-Raniry merupakan peringkat ke enam secara nasional sebagai kampus PTKIN pilihan mahasiswa baru. Tahun ini UIN menyeleksi sebanyak 9.459 melalui jalur UM-PTKIN dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) UIN Ar-Raniry menjadi prodi peringkat pertama, dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.212 orang. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai