Mesin Kapal Mati, Penumpang KMP Tanjung Burang Panik

Sumberpost.com | Sabang – Kapal Feri Penyeberangan Penumpang (KMP) Tanjung Burang yang berangkat dari Pelabuhan Balohan menuju Ulee Lheue terpaksa berputar arah karena kuatnya angin dan tingginya gelombang pada Kamis (1/6/2017). Mesin kapal sempat dimatikan sebanyak dua kali. Suasana ini membuat para penumpang kapal panik.

“Kapal ini sudah cukup tua dan harus segera diganti dengan yang baru. Sebab jika kapal rusak maka lintasan Sabang Banda Aceh akan terhenti. Apalagi sebentar lagi mudik lebaran pasti kebutuhan akan bertambah, dengan demikian penggantian kapal baru yang lebih layak sangat diharapkan,” kata Ramadhani Putri, salah seorang penumpang kapal.

Setelah diketahui, kapal tersebut ternyata sudah sekitar empat bulan tidak digunakan. Hal ini membuat kemudi kapal tidak bisa berbelok ke kiri dan berusaha menghindari arus laut agar kapal tidak terbalik dihantam gelombang.

Kapal tersebut  baru tiba di Pelabuhan Ulee Lheue setelah empat jam perjalanan. Keterlambatan ini terjadi karena kapal terpaksa mengambil jalur memutar dari Ujung Seke, Sabang menuju Ujung Batee dan berjalan melalui tepi pantai Banda Aceh untuk berlabuh di Pelabuhan Ulee-Lheue.

Satu unit kapal tim SAR dikerahkan untuk mengkawal keberangkatan KMP Tanjung Burang sebagai persiapan bila terjadi hal yang tidak diinginkan. [ron]

Magang: Zarman Syahputra

Mungkin Anda Menyukai