Mendagri Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Pelantikan tersebut berlangsung dalam sidang paripurna istimewa di Gedung DPR Aceh, Jalan Tgk Daud Beureueh, Banda Aceh pada Rabu (5/7/2017).

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia itu hadir setelah Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dilantik.

Kedatangan Jokowi turut didampingi istri dan rombongan. Mereka transit di Aceh dalam perjalanan kunjungan kenegaraannya ke Turki.

Pada kesempatan kurang lebih 15 menit itu, Jokowi memberi selamat kepada Irwandi – Nova yang baru saja dilantik.

Kemudian, Jokowi bersama rombongan kembali ke bandara untuk melanjutkan perjalannya ke Turki.

Usai melantik, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya berharap pasangan Irwandi – Nova dapat besinergi dengan semua lapisan masyarakat saat memimpin Aceh nanti.

Dalam memutuskan suatu permasalahan, Tjahjo meminta Irwandi – Nova melibatkan semua pihak, mulai ulama, tokoh masyarakat, DPR Aceh dan elemen masyarakat lainnya.

“Saya juga berharap pemerintahan Irwandi – Nova dapat melanjutkan program pembangunan yang sudah dilakukan oleh gubernur senior sebelumnya yaitu Zaini dan Manaf,” kata Tjahjo.

Usai dilantik, Irwandi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Aceh, baik yang telah memilih maupun tidak memilihnya pada pilkada serentak Februari 2017 lalu.

Ia mengajak masyarakat Aceh untuk sama-sama membantu pemerintahannya sehingga Aceh akan lebih baik kedepan.

“Tolong dukung pemerintahan saya, saya yakin bisa menciptakan Aceh yang lebih hebat,” kata Irwandi.

Sementara Fitri, salah seorang tamu undangan mengatakan, dirinya menaruh harapan besar pada Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah untuk membawa Aceh ke arah yang lebih baik.

“Semoga membawa keuntungan bagi masyarakat Aceh, semoga misi dan visi yang telah dijanjikan tidak ada yang diingkarinya,” pungkasnya.

Pantauan sumberpost.com, prosesi pelantikan tersebut dikawal ketat oleh seribuan personel gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP.

Selain mengamankan area gedung tempat pelantikan, mereka juga disebar ke beberapa titik jalan yang mengarah ke lokasi berlangsungnya pelantikan. []

Muhammad Fadhil, Rahma Yanti

Mungkin Anda Menyukai