Aplikasi Peluit Diluncurkan, Pengurusan SIM Semakin Mudah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak meluncurkan Aplikasi Peluit (Pelayanan Elektronik Lalu Lintas untuk Informasi Tercepat) di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (8/7/2017) malam.

Peluit merupakan aplikasi elektronik yang diciptakan oleh Ditlantas Polda Aceh yang berbasis android, yang diperuntukkan kepada masyarakat agar lebih mudah memperoleh informasi pelayanan publik yang berkaitan dengan lalu lintas.

Rio S Djambak mengatakan, Aplikasi Peluit ini merupakan gabungan dari semua aplikasi pelayanan publik yang berada di bawah Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh.

Ia menyebutkan bahwa aplikasi tersebut dapat diakses secara mobile melalui koneksi internet yang berbasi android.

“Aplikasi ini menyediakan fitur pelayanan E-Samsat, E-SIM, SP2HP Online, Pengaduan, Layanan PJR dan Tombol Laka,” kata Rio.

Ia menjelaskan, setiap fitur tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang dapat diakses oleh masyarakat.

Rio mencontohkan, misalnya masyarakat yang ingin mengecek jumlah pajak kendaraan, saat ini sudah bisa menggunakan fitur E-Samsat, sehingga akan lebih transparansi saat proses pembayaran nanti.

“Demikian juga dengan E-SIM dapat berfungsi untuk pendaftaran dan perpanjangan SIM secara online, sehingga dapat memudahkan masyarakat, demikian juga fitur-fitur lainnya,” jelas Rio.

Dengan adanya aplikasi ini, Rio berharap masyarakat semakin cepat, mudah dan transparan dalam mendapatkan informasi di bidang lalu lintas.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan program prioritas Kapolri yaitu peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi.

“Hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan institusi polri yang profesional, modern dan terpercaya,” ujar Rio.

Selain meluncurkan Aplikasi Peluit, pada malam itu Kapolda juga membuka secara resmi Aceh Police Expo 2017 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 71 Bhayangkara.

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf bersama Kapolda Aceh, Rio S Djambak serta unsur Forkopimda lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, mereka ikut meninjau sejumlah stan yang berada di lokasi kegiatan itu. Direncanakan, kegiatan ini akan berlangsung hingga 12 Juli 2017 mendatang. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai