Sainstek Adakan Seminar Pengoptimalan Energi Pada Bangunan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry bekerjasama dengan Prodi Arsitektur kembali datangkan guru besar dari Luar Negeri untuk menjadi pemateri pada seminar yang diadakan di aula fakultas tersebut, Jum’at (14/7/2017).

Guru besar yang didatangkan tersebut yaitu Dosen Arsitektur dari Heriot Watt University, Prof. Alan Owen.

Sebelumnya, fakultas tersebut juga mendatangkan guru besar dari luar negeri yaitu, Prof. Stefano Toshiya Tsukamoto dari Osaka University.

Seminar yang bertemakan “Optimizing Energy Cosumption for Building Trophycal Region” itu diikuti oleh mahasiswa dari Prodi Arsitektur dan Prodi Teknik Lingkungan.

Alan menyampaikan bahwa sejarah selalu mempunyai sisa pelajaran untuk kita yang hidup pada era digital ini. Sebagai tempat tinggal kita bisa melihat atau meniru rumah adat pada zaman dulu yang sangat ramah terhadap lingkungan.

“Rumah adat zaman dulu tanpa harus memakai energi yang begitu banyak dengan pengunaan material dan kontruksi yang berat. Seperti rumah adat Aceh yang sangat baik sirkulasi udaranya,” ujarnya.

ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Arsitektur Munandar menyampaikan bahwa ia sangat senang, karena mahasiswa Arsitektur dan Teknik Lingkungan antusias dalam mengikuti kuliah umum ini. Meskipun mereka sedang menghadapi ujian akhir semester genap.

“Saya yakin beberapa diantaranya mereka berat untuk mengikuti acara ini, tapi saya senang masih ada yang mau mengapresiasikannya,” ujarnya.

Alan juga melanjutkan, untuk mengoptimalkan teknologi yang cocok digunakan pada bagunan ditinjau dari beberapa hal seperti ketersediaan sumberdaya, kebutuhan lokal, teknologi yang bisa diaplikasikan dan tidak tergantung dari rantai internasional

“Lebih baik anda menciptakan teknologi dalam negeri,” pungkasnya.¬†[hsa]

Magang: Adli Dzil Ikram