4.127 Cama UIN Ar-Raniry Ikut PMB Lokal

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 4.127 calon mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengikuti seleksi melalui jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB) Lokal, Selasa (25/7/2017) di kampus setempat.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Muhibbuthabry di sela-sela monitoring pelaksanaan Ujian PMB Lokal mengatakan, UIN Ar-Raniry tahun ini masih menerima calon mahasiswa baru melalui lima jalur, yakni SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN dan PMB Lokal.

“Tahun 2017 ini, UIN Ar-Raniry menerima sekitar 5.500 mahasiswa baru melalui lima jalur tersebut, mereka mendapatkan kesempatan dan fasilitas yang sama, setelah mereka dinyatakan lulus maka mereka akan memiliki hak yang sama dan tidak ada perbedaaan,” ujarnya didamping Warek III Prof Syamsul Rijal, Karo AAKK, Jakfar Yacob dan sejumlah pimpinan UIN yang hadir.

Disebutkan, tahun ini tercatat peminat di UIN pada jalur PMB lokal mencapai 6.717 orang, namun yang mencetak kartu dan mengikuti ujian 4.127 orang, di antaranya 2.410 memilih kelompok ujian IPC, 1.575 orang IPS dan IPA sebanyak 142 peserta.

Seluruh proses pelaksanaan seleksi berjalan dengan baik, artinya tidak ada hambatan yang berarti.

Muhibbuthabry menambahkan, prodi favorit du UIN Ar-Raniry sesuai dengan standar nasional, artinya sama seperti pada jalur sebelumnya, pada urutan pertama diduduki oleh prodi Perbankan Syariah, disusul Ekonomi Syariah, Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan bahasa inggris dan pendidikan teknologi informasi.

Jalur PMB lokal ini UIN akan menampung sekitar 35 persen dari jumlah total yang diterima, hasil akan diumumkan pada 3 Agustus 2017 dan dapat diakses langsung melalui pmb.ar-raniry.ac.id. [Rilis]

Foto: Riska Munawwarah (magang)