Mahasiswa UIN Satu Ini Hasilkan 159 Juta dari YouTube

Sumberpost.com | Banda Aceh – Jam telah menunjukan pukul 10.30 WIB. Hening. Hanya suara kipas yang mengisi ruangan Ruang redaksi Sumberpost.com pagi itu. Setelah beberapa saat, perlahan terdengar langkah kaki seseorang yang semakin lama semakin mendekat.

Assalamualaikum,” ucap seorang pria berkacamata dengan mengenakan kaos hitam lengan panjang sembari menjinjing sebuah tas kecil di badannya. Ia masuk dan duduk di sebuah kursi coklat tepat di samping pintu ruangan tersebut.

Dia adalah Zulfan Afdhilla, Mahasiswa Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry. Masih semester tujuh, namun pria yang satu ini sudah mampu mandiri dan telah menghasilkan ratusan juta dari YouTube.

Sebelum kehadiran YouTube, sejak kelas dua MTsN, Zulfan telah memulai karir sebagai blogger.

“Dulu saya kelas dua MTsN, jangankan android, internet pun masih susah. Perjuangan saya sebagai blogger saat itu ya harus bolak-balik ke Warnet,” ungkap mahasiswa kelahiran Indrapuri tersebut.

Kisahnya mengelola YouTube dimulai saat duduk di bangku MAN. Berawal dari hobi mengedit video, ia coba bangun akun YouTube miliknya melalui kemampuan editing yang ia miliki.

“Saya belajar semuanya secara otodidak. Saat itu saya belum tahu ada monetisasi (baca: menguangkan penghasilan) di YouTube. Saya terkejut tiba-tiba saat buka YouTube sudah ada uang sembilan juta di dalamnya. Ini merupakan sejarah awal penghasilan saya,” kata Zulfan saat diwawancarai khusus di Ruang redaksi Sumberpost.com, Rabu (2/8/2017).

“Udah dapat uang pun masih bingung cara nariknya. Setelah melewati tahap yang cukup panjang dan sedikit rumit, akhirnya uang saya cair juga, ” kata alumni MAN Model Banda Aceh ini, sembari meneguk air mineral karena kehausan hampir setengah jam bercerita.

Selama lima tahun mengelola akun YouTube, pria kelahiran 1996 ini telah mendapatkan penghasilan sebanyak 159,2 juta rupiah.

“Sebelum Ramadhan, sempat cair tiga juta dan sekarang mau cair lagi nih,” ungkap Zulfan bercerita mengenai penghasilannya selama ini sembari menunjukan layar smartphone miliknya.

Selain sukses sebagai YouTuber, kini Zulfan tengah merambah dunia aplikasi melalui Google Developers. Saat ini ia sudah membuat sebuah aplikasi tausyiah dan dua aplikasi game, seperti game Sirah Nabawiah dan game Sirah Sahabat yang dapat dimainkan secara offline.

Pada kesempatan itu, ia juga sempat menyampaikan beberapa tips sukses dirinya bisa bertahan hingga saat ini. Tips pertama menurutnya luruskan niat terlebih dahulu. Ia berujar, jadilah pemeran konten kreator yang berusaha menyebar kebaikan dan manfaat, bukan mencari financial semata.

“Biasanya orang yang yang cari uang saja, itu gampang jatuhnya,” kata Zulfan tegas.

Kedua, nikmati prosesnya. Ia mengaku terkadang kita mudah tergiur dengan melihat orang-orang sukses, tetapi kita lupa bahwa mereka telah melalui berbagai proses panjang sehingga bisa sampai pada puncak sebagaimana yang kita lihat hari ini.

Ketiga dan yang paling penting adalah tekun. “Usahakan minimal ada satu video yang di-upload setiap bulannya,” kata Zulfan.

Ia melanjutkan, keempat, sebagai pemula mesti bercermin dari orang-orang sukses. Belajar dari pengalaman mereka, menurutnya adalah sesuatu yang paling penting dan amat berharga.

Kemudian tips yang terakhir adalah jangan mudah puas. Ia berujar, sifat cepat puas membuat kita berhenti untuk menghasilkan karya-karya berikutya.

“Harapannya buat teman-teman pemula, pegang teguh nilai-nilai kejujuran. Jaga etika seperti, tidak copas, menyebar hoax dan lain sebagainya. Insyallah dengan begitu, cepat atau lambat Anda akan sampai pada puncak kesuksesan yang Anda impikan,” tutupnya. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai