Mahasiswa Sukses Menurut Ketua Prodi KPI

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry, Hendra Syahputra mengatakan, ada beberapa tips menjadi mahasiswa sukses.

“Tips pertama adalah harus menemukan passion. Dengan mengetahui passion diri kita, maka segala sesuatu yang dijalani akan menjadi mudah dan menyenangkan,” kata Hendra saat memberikan sambutan di hadapan mahasiswa baru prodi setempat, Rabu (16/8/2017).

Tips kedua adalah memastikan diri bahwa kuliah bukanlah suatu beban. Menurutnya, kebanyakan mahasiswa mudah stress ketika menghadapi begitu banyak tugas kuliah. Padahal hal ini dapat diatasi dengan menjadikan aktivitas kuliah sebagai sesuatu yang menyenangkan.

“Tips ketiga yaitu sikap sigap melihat kesempatan dan tantangan. Kalian harus siap seperti penggiling aspal. Dataran yang bergelombang, berbatu semuanya bisa rata oleh penggiling aspal. Begitupun Anda, harus siap melahap semua tantangan yang diberikan kampus agar sampai menuju puncak kesuksesan nantinya,” kata Hendra.

Keempat adalah menjadi mahasiswa merdeka. Menurut Hendra, merdeka di sini memiliki arti siap keluar dan terbebas dari berbagai tekanan yang ada dan tetap fokus kepada tujuan awal.

Tips kelima adalah sikap rindu keluarga dan kampung halaman secara berlebihan. “Biasanya mahasiswa baru seperti kalian ini, kerap kali mengalami rindu yang berlebihan dan dituangkan ke dalam facebook. Hal-hal yang berlebihan seperti ini, sangat menggangu aktivitas kuliah dan merugikan Anda sendiri sebenarnya,” ungkap Hendra.

Dalam kesempatan tersebut, Hendra berharap kepada seluruh mahasiswa baru agar mampu menghasilkan karya dan menorehkan prestasi terbaiknya sebagai mahasiswa.

“Sekarang saatnya move on. Tinggalkan sikap-sikap jelek saat menjadi siswa dahulu dan mulailah dengan sesuatu yang baru dan bermanfaat di kampus ini,” ujarnya. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai