Ini Pentingnya Ikut Orientasi Perpustakaan UIN

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kepala Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Khatib A. Latief mengatakan, pentingnya mengikuti orientasi bagi mahasiswa baru dikarenakan sistem perpustakaan yang serba digital serta beberapa karekteristik yang harus dipenuhi mahasiswa ketika menjadi anggota.

“Di perpustakaan ini, semua dilakukan dengan sistem digital. Baik pencarian, peminjaman, bahkan pengembalian buku. Dengan demikian, orientasi ini sangat penting bagi mahasiswa baru agar mereka mengetahui segala sistem yang sudah diterapkan di sini,” kata Khatib saat ditemui di Ruangannya, Senin (21/8/2017).

Khatib menambahkan, tahun ini rata-rata 500 pengunjung yang datang ke perpustakaan UIN setiap harinya. Hal ini terjadi peningkatan besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Sekarang jaringan wife perpustakaan sudah bagus. Kami juga memberlakukan jam malam kepada para pengunjung. Ini semua dilakukan untuk menjauhi stigma bahwa perpus sekedar tempat tumpukan buku semata,” kata Khatib.

Ia juga mengatakan, tinggi persaingan ke depannya membuat mahasiswa mesti akrab dengan buku dan perpustakaan. “Jika ingin eksis dan sukses, baca buku minimal 3 jam per hari. Kalau tidak, kita akan terus tertinggal,’ ungkapnya.

Ketua Panitia Orientasi, Saifullah mengatakan, ada 5000 data mahasiswa yang masuk dan akan mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, orientasi perpustakaan wajib diikuti oleh mahasiswa baru mengingat kebutuhan mengunjungi perpustakaan adalah sesuatu yang pasti ketika proses perkuliahan berlangsung nantinya.

“Biasanya dosen hanya menyuruh mahasiswa untuk ke perpustakaan. Namun bagaimana tata cara di perpustakaan, melalui orientasi ini semua diperkenalkan,” katanya. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai