Aceh Termiskin di Sumatra, Ini Penyebabnya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah mengatakan, tingginya angka kemiskinan di Aceh disebabkan kurangnya skill masyarakat dan kebiasaan buang-buang waktu.

“Fenomena sekarang, perpustakaan sepi sedangkan warung kopi ramai siang malam. Bagaimana kita bisa menuntaskan kemiskinan,” kata Arif Fadillah, Ketua DPRK Banda Aceh saat memberikan materi dalam acara  workshop Peran Parlemen Dalam Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa yang digelar Forum Pengawasan Parlemen (Forsapa) Aceh di Gedung SKB, Jum’at (25/8/27).

Hal lain yang juga menjadi pemicu tingginya angka kemiskinan di Aceh adalah pertumbuhan lapangan pekerjaan tidak sesuai dengan pertumbuhan jumlah pencari kerja.

“Aceh berada di peringkat pertama sebagai provinsi termiskin di Sumatra dan peringkat empat di tingkat nasional. Padahal sumber daya alam kita melimpah,” ujar Arif.

Ia berujar, penanggulan kemiskinan dapat dilakukan dengan memperbaiki perogram perlindungan sosial seperti, kesehatan, pendidikan dan lapangan kerja, serta memberdayakan masyarakat melalui pembinaan skill.

“Insyallah parleman terutama untuk Kota Banda Aceh berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dan terus memonitor kerja eksekutif,” katanya.

“Dan yang terpenting adalah kalian para generasi bangsa mendukung percepatan kemajuan Aceh dengan bersama-sama melakukan perubahan ke depannya,” ujar Arif.

Workshop tersebut diselenggarakan sejak 25-27 Agustus 2017. Para peserta terdiri dari mahasiswa dan LSM di sekitaran Kota Banda Aceh. []

Sara Masroni | Foto: M. Ikram Al-Mubarak

Mungkin Anda Menyukai