Pengurus BM IKAN Dilantik

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 60 pengurus Barisan Muda (BM) Ikatan Keluarga Anti Narkoba (IKAN) resmi dilantik di Aula Wali Kota Banda Aceh, Sabtu (26/8/2017).

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Nurdin dalam sambutannya memaparkan tentang lima langkah penting yang dapat dilakukan masyarakat Aceh dalam mengantisipasi serta memberantas penyalahgunaan narkoba.

Ia menyebutkan, di antara lima langkah itu yang paling penting adalah langkah pertama, di mana masyarakat harus menjahui barang haram itu.

Kemudian yang kedua, masyarakat yang mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba di sekitar lingkungannya untuk segera melapor ke pihak berwajib.

“Jika kita mengetahui seseorang telah menggunakan narkoba, laporkanlah pada aparat keamanan yang bersangkutan agar dibawa ke pusat rehabilitasi,” kata Nurdin.

Nurdin juga meminta agar BNN Provinsi Aceh agar serius menindaklanjuti instruksi Presiden RI yaitu Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sehingga dapat memutus rantai bisnis narkoba di Aceh.

Kemudian, layanan prima dari masyarakat setempat juga perlu ditingkatkan agar pengguna dapat pulih secara fisik dan mental.

“Hal lain yang dapat dilakukan ialah penanaman kesadaran bahaya narkoba pada kurikulum sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat IKAN, Syahrul Maulidi dalam sambutannya berharap agar BM IKAN yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa dapat mensosialisasikan bahaya narkoba ke lembaga pendidikan di setiap jenjang.

“Karena pelopor generasi muda menyelamatkan generasi muda dari narkoba,” ujar Syahrul. [mhf]

Magang: Nura Usrina

Mungkin Anda Menyukai