Ketua Akademi Muis Singapura Beri Kuliah Umum di FSH

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ketua Akademi Muis, Hanna Taufiq Siraj, memberikan kuliah umum di Ruang Sidang Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Ar-Raniry, Selasa (29/8/2017).

Dalam diskusi tersebut, Hanna bercerita mengenai kondisi pelajar Islam di Singapura yang notabane-nya negara sekuler, bersaing di dunia kerja.

“Meskipun negara sekuler, kerajaan di sana memberikan hak yang sama kepada kami antar pemeluk agama, termasuk dalam hal dunia pekerjaan” ungkapnya.

Hanna menyebutkan, kendati sebagai minoritas, Islam di sana mendapat kebebasan dalam melaksanakan syariat.

“Hanya saja, kepada perawat dan polwan tidak diizinkan mengenakan jilbab. Namun sudah coba kita lobby agar kerajaan merubah aturan tersebut,” ungkapnya.

Ketika ditanya mengenai kerukunan antar umat bergama, Hanna berujar,  masing-masing pemeluk agama saling toleransi dan hidup harmonis di Singapura.

“Kita punya Harmony Center. Di tempat itu, setiap minggunya kita lakukan perkumpulan antar tokoh dan pelajar dari berbagai agama untuk mendiskusikan berbagai isu, termasuk isu pemecah belah kerukunan antar umat bergama,” ujarnya.

Hanna berharap, kepada pelajar Indonesia khususnya mahasiswa UIN Ar-Raniry untuk terus meningkatkan kualitas, agar jebolan perguruan tinggi Islam dapat bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Kalian harus terus meningkatkan kualitas, supaya kita semua bisa bersaing di luar sana,” tutup Hanna. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai