Seminar Internasional, Warek III Ungkap Ketidaksetujuannya Putuskan Diplomatik dengan Myanmar

 

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal mengungkapkan ketidaksetujuannya terhadap pemutusan hubungan diplomatik dengan Myanmar. Hal ini menurutnya justeru menutup cela negosiasi untuk mendamaikan konflik antara mereka dengan penduduk Rohingya.

“Jangan menanggapi situasi ini dengan emosional. Ditakutkan hal ini malah menutup cela kita untuk bernegosiasi mendamaikan mereka,” ujar Warek III saat membuka Seminar Internasional yang bertajuk Acehnese Youth & Understanding the Crisis in Muslim Minority of Myanmar, di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Selasa (12/9/2017).

Hal yang sama diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Burma Human Working Group, Kyaw Win. Dalam materi seminarnya berujar, penduduk Rohingya dihabisi dengan cara yang sangat sistematis. Diantaranya dengan tidak memperbolehkan Muslim Rohingya menjadi militer, duduk di parlemen dan melanjutkan pendidikan tinggi.

“Salah satu cara terbaik membantu mereka adalah dengan menerima setiap anak-anak Rohingya untuk melanjutkan pendidikan di kampus-kampus Anda,” ujarnya.

“Mari perang melawan mereka melalui Pendidikan. Kalau perang lawan perang saya rasa tidak akan bisa,” ucapnya lantang.

Seminar tersebut diselenggarakan oleh Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry. Kegiatan ini dihadiri oleh lima pemateri dari organisasi internasional dan 200 orang peserta. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai