Ratusan Mahasiswa Hadiri Kajian Ustadz Tengku Ilyas

Sumberpost.com | Banda – Ratusan pelajar dan mahasiswa se-Kota Banda Aceh menghadiri kajian bersama Ustadz Tengku Ilyas di Masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry, Sabtu (16/9/2017). Temu ramah yang bertajuk Dakwah on Campus tersebut dimulai sejak ba’da Ashar hingga ba’da Isya dan ditutup dengan makan malam bersama.

Ustadz Tengku Ilyas dalam tausyiahnya mengatakan, ada tiga type makhluk ciptaan Allah SWT. Pertama adalah makhluk yang diberi akal saja, yaitu malaikat. Pada type ini mereka cukup dibekali ilmu saja maka mereka senantiasa taat kepada Allah SWT.

Kedua adalah makhluk yang diberi nafsu saja, yaitu binatang. Pada type ini mereka akan taat kepada siapapun bila terus dilatih dan mujahadah (berjuang sungguh-sungguh). Ketiga adalah makhluk yang diberi keduanya, akal dan nafsu yaitu manusia.

“Untuk mendapatkan keyakinan penuh kepada Allah SWT tidak cukup dengan duduk-duduk saja. Manusia perlu ilmu, latihan dan mujahadah,” kata Tengku Ilyas dalam tausyiahnya.

Ia berujar, keyakinan dapat dibangun dengan mengeluarkan seluruh kebesaran makhluk dari hati dan memasukan kebesaran Allah SWT semata.

“Hanya di dunia saja berlaku asbab. Contohnya, api panas. Padahal api itu beda, panas itu beda. Jika Allah berkehendak, api bisa saja jadi dingin,” ungkapnya.

“Asbab ini merupakan ujian iman bagi kita di dunia. Jika mulai yakin dengan kerja yang memberikan rezeki dan melupakan Allah yang pemberi rezeki sesungguhnya, maka kita telah gagal pada ujian tersebut,’ tambahnya.

Koordinator Panitia, Teuku Muhammad Ghufran mengatakan, esensi dari kegiatan tersebut adalah menumbuhkan kembali semangat dakwah para pemuda Aceh agar senantiasa selalu mengajak kepada kebaikan dan ketaatan.

“Malam minggu seperti ini adalah momen yang tepat. Daripada ke tempat-tempat yang tidak jelas, lebih baik ke tempat kajian seperti ini. Insyaallah memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat tentunya,” ujar Ghufran. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai