Wabup Pidie Ajak Mahasiswa UIN Bantu Program Pemerintah di Masyarakat

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakil Bupati kabupaten Pidie Fadlullah T.M. Daud, ST mengajak kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry agar sama-sama ikut membantu terlaksananya program-program pemerintah Pidie dalam mendorong kehidupan masyarakat mandiri.

Hal tersebut disampaikan Wabup pada pelepasan mahasiswa peserta kuliah pengebdian masyarakat (KPM), Senin (18/9/2017) di Halaman Kantor Bupati Pidie, yang diserahkan langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry Prof Farid Wajdi.

Pada acara itu turut hadir Kepala P2M Drs. Jakfar Puteh, Ketua LP2M, Prof Muksin Nyak Umar serta camat Tangse dan Tiro untuk menyambut langsung peserta KPM yang ditempatkan di dua kecamatan itu.

Fadlullah mengatakan bahwa peserta KPM ini dititip pada pemerintah Pidie, selanjutnya kami melepaskan peserta ini kepada pihak kecamatan beserta gampong untuk melakukan pengabdian.

“Kami berharap mahasiswa ini dapat dibimbing dalam melakukan berbagai kegiatan selama pengabdian nanti,” pintanya.

Ia menambahkan, mustahil para mahasiswa peserta KPM ini akan sukses dalam menjalankan tugas, baik program yang telah dirancang dari kampus maupun program yang dirancang bersama masyarakat, tanpa ada bimbingan dan bantuan dari komponen masyarakat.

Dia juga mengingatkan kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry, agar menjaga sikap dan tingkah laku yang baik.

“Tunjukkan bahwa mahasiswa Ar-Raniry ini merupakan generasi bangsa yang menghargai orang lain, yang menghargai adat dan budaya, jadilah mahasiswa yang baik yang semangat membantu masyarakat,” ujar Fadlullah.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Farid Wajdi Ibrahim, M. A mengingatkan kepada peserta KPM agar tetap menjaga nama baik lembaga, jaga diri masing-masing dan berikan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kami memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program bersama masyarakat, boleh melakukan pembaharuan-pembaharuan, tapi kami ingatkan jangan sampai dapat menambah masalah. Kami berharap mahasiswa dapat menyelesaikan masalah bukan menambah masalah di dalam masyarakat,” tegasnya.

Pengabdian ini adalah kebaikan, apa yang dilakukan manfaatnya kepada kita sesuai dengan amalan yang dilakukan, ibadah manusia di dunia ini ada dua, yakni sesama manusia dan hubungannya dengan Allah.

Farid juga mengatakan bahwa mengabdi kepada masyarakat adalah tri dharma perguruan tinggi, pengabdian kepada masyarakat ini wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Kami berharap, kehadiran mahasiwa UIN Ar-Raniry, dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, bukan malah sebaliknya dapat menjadi masalah. Selama melakukan pengabdian,”

Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Pidie, atas penyambutan dan kerja sama yang baik ini, Insyaallah akan menghasilkan program yang baik juga, baik bagi pribadi mahasiswa, lembaga UIN Ar-Raniry, pemerintah Pidie maupun Masyarakat. []

Rilis

Mungkin Anda Menyukai