DETaK Sukses Gelar Seminar dan Pelatihan Karir Unsyiah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) suskes menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Pelatihan Karir, Minggu (24/9/2017) di Multi Purpose Room (MPR) Fakultas Pertanian Unsyiah.

Ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kalangan mengikuti seminar yang dibuka secara resmi oleh Husni Friady, selaku Kepala Humas Unsyiah.

Dalam sambutannya, Husni menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu memecahkan masalah yang kerap dihadapi mahasiswa ketika hendak melamar pekerjaan usai menuntaskan pendidikan.

Ia juga menilai kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama yang baik dari pihak TanyaKarir.com dengan Unsyiah.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua UKM Pers DETaK, Muhammad Chalid Isra dalam sesi penyampaian kata sambutan di podium panggung seminar.

“Dengan seminar ini, diharapkan UKM Pers DETaK sendiri dapat melebarkan sayapnya dalam bidang kerjasama dengan berbagai instansi baik dalam maupun luar Aceh. 22 tahun adalah usia dewasa untuk ukuran lembaga, dsn DETaK mencoba untuk terbuka terhadap berbagai tawaran,” ucap Chalid.

Dalam sesi Seminar Karir yang dipimpin langsung oleh Relcky Saragih selaku pemateri seminar dan juga Founder dari Tanyakarir.com membagikan materi terkait cara menyusun Curiculum Vitae (CV) yang menarik, membuat lamaran pekerjaan yang bagus, teknis menghadapi wawancara dan cara menjawab pertanyaan yang menjebak dengan trik negosiasi gaji yang benar dan jitu.

Dari paparan materi yang diuraikan, peserta tampak antusias dan menyimak dengan seksama materi yang disampaikan pada saat seminar berlangsung.

“Seminarnya bagus, saya suka, saya sampai tulis materinya, karena kalau difoto takut kurang nampak slide-nya,” ungkap Siti Sarah, salah satu peserta Seminar Karir yang tampak terlihat tekun menyimak materi.

Sedangkan untuk sesi Pelatihan Karir diisi dengan kegiatan konsultasi intensif bersama pemateri. Peserta yang mengikuti kelas pelatihan diajak berdiskusi, kemudian mempraktikkan langsung kegiatan wawancara yang baik dan menarik, serta melakukan konsultasi bahasan terkait hal-hal yang dianggap menakutkan ketika melempar lamaran kerja.

“Dari peserta yang ikut pelatihan juga sangat menyenangkan, kita berdiskusi banyak tentang kendala-kendala yang ditakutkan mereka ketika wawancara kerja, saya sangat menikmati kegiatan disini, saya sangat puas karena ada sisi keramahan dan keterbukaan yang ditawarkan,” komentar Relcky Saragih, usai merampungkan kegiatan pelatihan.

Kegiatan ini sendiri terlaksana atas kerjasama DETaK Unsyiah dengan Tanya Karir dalam tajuk road show tanya karir goes to campus ke beberapa kota besar di Indonesia, kampus Unsyiah menjadi salah satu tujuan tanya karir untuk perwakilan Aceh sebagai tempat pelaksanaan.

“DETaK dipercaya sebagai official partner untuk acara ini, alhamdulillah dari SDM kita mencukupi dan siap menyukseskan acara, saya rasa dengan demikian ini juga menjadi pelajaran baru bagi teman-teman dalam sebuah pelaksanaan event,” terang Riska Iwantoni, ketua panitia saat ditemui terpisah. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai