Kaitan Teknologi dengan Manusia Menurut Mujiburrahman

Sumberpost.com | Banda Aceh – Di zaman sekarang ini ada tiga tipe manusia jika dikaitkan dengan teknologi, mereka adalah Butek, Gaptek dan Meletek.

Begitu disampaikan Dekan Fakultas Tarbiah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman saat membuka acara Information Technology Education (ITE) Fair ke-2 di Aula FTK kampus setempat, Senin (25/9/2017).

Butek atau buta teknologi adalah mereka yang belum pernah bersentuhan dengan dunia komputer sama sekali. Menurutnya, tidak mungkin tipe ini ada di kalangan mahasiswa.

Selanjutnya ada Gaptek atau Gagap Teknologi. Kelompok masyarakat ini adalah orang-orang yang sudah mulai mengenal dunia komputer/internet, tetapi masih terbata-bata dalam menggunakannya.

“Mereka sudah bisa namun baru sebatas konsumtif, sekedar cari-cari informasi di dunia internet. Jangan sampai mahasiswa dan pelajar Aceh masih tertinggal di level ini,” kata Mujib.

Terakhir adalah masyarakat Meletek atau Melek Teknologi. Kelompok ini adalah masyarakat yang sudah paham dan lancar menggunakan komputer/internet.

“Jika sudah berada di level ini, kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan melalui media internet,” sambungnya.

Di samping itu, teknologi juga dapat mendatangkan uang yang tidak sedikit.

Di akhir pembicaraan, beliau mengajak mahasiswa untuk mengkaji lebih baik tentang pentingnya teknologi, namun bukan ke arah negatif melainkan berporos ke arah positif.

Ketua relawan TIK Fakhrullah Maulana juga menambahkan bahwa jangan biarkan kita tunduk pada teknologi tapi biar teknologi yang tunduk pada kita.

Hal itu disampaikan saat mengisi acara seminar ITE yang ke-2 di aula fakultas Tarbiah dan Keguruan UIN Ar-raniry.[hsa]

Magang : Wahyu Majiah dan Cut Della Razaqna

Mungkin Anda Menyukai