S3 UIN Ikut Gelar Melayu Serumpun di Medan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Khusus (UKK) Sanggar Seni Seulaweuet (S3) UIN Ar-Raniry ikut serta dalam Gelar Melayu Serumpun (GEMES) 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, Jumat-Minggu (3-5 November 2017).

Gelar Melayu Serumpun (GEMES) adalah kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Medan atas dasar banyaknya suku Melayu yang tersebar luas di Indonesia, bahkan di negara lain (serumpun).

Acara Gelar Melayu Serumpun ini mengundang peserta dari kabupaten/kota se-Sumatera Utara, serta Provinsi Se-Indonesia yang terdiri dari Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan, Sumatera Barat serta juga dari luar negeri seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan Singapura.

Ketua Umum S3, Hafizh, Sabtu (4/11/2017) mengatakan, Sanggar Seni Seulaweuet bertolak ke Kota Medan dengan membawa 13 penari dan pemusik.

Nantinya, S3 akan menampilkan sebuah tarian yang diberi nama “meusyedara”.

Tarian ini merupakan perpaduan kreasi dari tarian-tarian tradisi Aceh seperti Seudati, Rapai Geleng, Ratoeh jaroe, Meusare-sare, Tarek pukat, laweut serta dikombinasikan dengan tarian kreasi dengan sentuhan apik tanpa meninggalkan kekhasan Aceh.

Tarian ini merupakan representasi dari keberagaman suku, bahasa, dan budaya di Aceh yang kental dengan nuansa tenggang rasa dan persaudaraan yang erat hingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

Hafizh menambahkan bahwa S3 mendapat undangan dari Disbudpar Medan pada akhir 25 Oktober yang lalu.

“Meskipun dengan waktu yang singkat, kami siap untuk memberikan yang terbaik untuk Seulaweuet sendiri, UIN Ar-Raniry dan Aceh,” tutupnya. [Rilis]

Ilustrasi: Dok. Sumberpost

Mungkin Anda Menyukai