Besok, Jambore Nasional Bebas Sampah 2020 Dibuka

Sumberpost.com | Banda Aceh – Jambore Nasional Bebas Sampah 2020 akan berlangsung besok di Hutan Kota Tibang, Banda Aceh, selama tiga hari mulai 10 hingga 12 November 2017. Kota Banda Aceh menjadi tuan rumah pada kegiatan nasional yang kedua ini.

Koordinator Jambore Nasional Bebas Sampah 2020 tahun 2017, Latansa Fashola Yahfa dalam konferensi pers di Keude Kupi Aceh, tadi menyebutkan, hingga siang tidak kurang 600 peserta dari 30 provinsi di Indonesia sudah mendaftar. Sebanyak 200 diantaranya dipastikan hadir langsung di Hutan Kota Tibang.

“Jumlah peserta yang hadir langsung masih akan terus bertambah,” ujar Latansa. Pada 2016 lalu, Jambore Nasional Bebas Sampah 2020 berlangsung di Solo, Jawa Tengah.

Jambore tahun ini direncanakan dihadiri oleh pihak kementerian agar para pegiat lingkungan bisa berdiskusi dan menyampaikan aspirasinya. Sebelum jambore nasional dihelat, para pegiat lingkungan lebih dulu memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di daerah masing-masing.

Menurut Latansa, semua orang menghasilkan sampah, dan sampah mempengaruhi kehidupan dalam banyak hal, salah satunya kesehatan. Lanjutnya, mencari solusi persampahan bukan tentang cara menghilangkan sampah, “Tapi lebih kepada cara mengelola sampah dan meminimalisir sampah.”

Ketua Panitia Lokal Jambore Nasional Bebas Sampah 2020 tahun 2017, Gemal Bakri mengatakan, jambore tersebut bagus untuk menjadikan perencanaan sampah di Aceh menjadi lebih baik. Jambore nasional ini sendiri dihadiri oleh para pegiat persampahan di Indonesia, termasuk juga pelajar dan mahasiswa.

Jambore nasional menjadi ajang berkumpulnya para pegiat tingkat nasional untuk mendiskusikan tentang persampahan.

“Kita tidak berjuang sendiri, karena disetiap daerah itu ada pegiatnya,” ujar Latansa disela menjawab pertanyaan awak media. []

Hadi | foto: Dok. Sumberpost

Mungkin Anda Menyukai