ACEF Sukses Gelar Lomba Cerdas-cermat

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry sukses menggelar Lomba Cerdas-cermat tingkat pelajar SMA pada hari kedua ACEF.

SMA N 10 Fajar Harapan Tim A berhasil meraih juara pertama dengan perolehan 1450 poin. SMA Modal Bangsa berada di peringkat kedua dengan 1000 poin. Sedangkan juara ketiga juga dipegang oleh SMA N 10 Fajar Harapan Tim B dengan 600 poin.

Panitia mengatakan, soal yang diperlombakan sebagian besar adalah materi kimia, ada juga beberapa soal biologi, fisika dan agama.

“Awalnya deg-degan karena ini perdana bagi saya, tapi ternyata kami mampu membawa pulang juara,” ungkap salah seorang peserta asal Fajar Harapan usai mengikuti lomba cerdas-cermat di depan Laboratorium Tarbiyah, Rabu (22/11/2017).

Ketua Panitia, Mizan mengatakan, ACEF atau Ar-Raniry Chemistry Education Fair merupakan kegiatan dalam rangka menyambut ulang tahun Prodi Pendidikan Kimia yang ke-19 tahun.

Selain cerdas-cermat, banyak agenda lain yang memeriahkan acara ini. Ada olimpiade, seminar, kajian islami, kelas kecantikan, bazar, stan dan sebagainya.

“Besok ada seminar nasional dan juga beauty class hijab,” terang Mizan.

Ketua HMP Pendidikan Kimia, Muammar Saktria berharap acara ini bisa memberi manfaat sesuai dengan tema yang diusung, “Membangun Generasi yang Berinovasi dan Berwirausaha untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21”.

“Kita sebagai mahasiswa maupun siswa harus bergerak mengasah skill, jangan kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang), abad 21 menuntut lebih,” tegasnya.

Para panitia ACEF selalu berpegang pada slogan Kita Adalah Bukti. Acara bisa terselenggara kalau semua pihak turut bekerjasama, bukan omongan belaka.

“Ini acara perdana kami yang melibatkan pihak eksternal sebagai peserta. Alhamdulillah hingga hari ini tidak ada kendala berkat kerjasama yang baik, kita adalah bukti,” kata Mizan.

ACEF berlangsung sejak 21 hingga 24 November setelah resmi dibuka oleh Muhibbuthabri selaku Wakil Rektor I pada Selasa kemarin.

Selanjutnya pengumuman sekaligus penyerahan hadiah berbagai lomba akan berlangsung pada malam puncak, 24 November. Di sini, sanggar seni kimia bakal unjuk bakat memeriahkan acara. []

Student Jurnalism : Cut Della Razaqna

Mungkin Anda Menyukai