Ratusan Penyandang Disabilitas Merayakan HDI 2017

Sumberpost | Banda Aceh – Ratusan penyandang cacat di Aceh merayakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Taman Putroe Phang, Sabtu (9/12/2017).

HDI yang jatuh pada tanggal (3/12/2017) diperingati oleh Penyandang cacat di Aceh pada hari ini dengan jumlah seluruh penyandang disabiltas di Aceh sebanyak 54.000 orang.

Abdullah selaku ketua HDI 2017 menyampaikan ribuan terima kasih kepada seluruh media yang telah memperhatikan nasib Disabilitas di Aceh.

“Saya sangat berterimakasih kepada media yang telah hadir untuk meliput kegiatan ini, sehingga bisa menyuarakan aspirasi kami untuk mengetuk pintu nurani pemerintah Aceh. Dari tahun ke tahun kami selalu berharap adanya bantuan dari pemerintah, seperti rumah yang layak, modal usaha, beasiswa untuk anak disabilitas dan pelatihan ketrampilan” ujar Abdullah.

Hal ini telah tercantum dalam UUD 1945 pasal 27 (2), Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusian dan UU No. 8 Tahun 2016 yang berbunyi Kesamaan hak memperoleh pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

“Saya sangat bangga bahkan hampir berlinang air mata ketika melihat penyandang disabilitas menghafal Al-Qur’an meskipun terbatah-batah, bernyanyi, dan juga acara ini langsung di ketuai peyandang disabilitas. Inilah bukti bahwa penyandang disabilitas bisa mandiri.” Ujar Fakhrurazi dalam pidatonya, selaku ketua Badan Reintegrasi Aceh.

Acara ini, juga dimeriahkan dengan perlombaan untuk penyandang disabilitas, seperti makan kerupuk, karoke dan mewarnai. [hsa]

Magang: Adli Dzil Ikram