Mahasiswa PBI UIN Gelar Seminar Scholarship Clinic

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry menggelar seminar dengan tema “Scholarship Clinic; How to make a good yet easy study objective and motivation letter” di Aula kampus setempat, Sabtu (6/01/2018).

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai jurusan tersebut menghadirkan dua pembicara yang merupakan lulusan universitas luar negeri ternama, Annisa Hazrina Hasbi lulusan University of Leeds, United Kingdom, dan Farisa Sabila yang merupakan lulusan University College London, United Kingdom.

Ketua panitia, Asshifa Ummami Kamaruzzaman mengatakan, acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana menulis study objective dan motivation letter yang baik dan menarik.

“Acara ini bertujuan untuk mensosialisakan bagaimana membuat motivation letter dan study objective yang bagus bagi mahasiswa-mahasiswi yang mungkin ingin melanjutkan studinya di luar negeri,” kata Asshifa.

Asshifa juga mengharapkan dengan diselenggarakannya seminar tersebut dapat memberi sedikit pencerahan bagi mahasiswa-mahasiswi di Aceh.

“Ini (Study Objective & Motivation Letter) seringkali menjadi dilema mahasiswa yang ingin ke luar negeri, bagaimana cara menulis sehingga tulisan kita terlihat menarik dan enak ketika dibaca, apa-apa saja yang harus kita tulis dan apa-apa saja yang tidak boleh kita tulis, di sini akan kita bahas,” tambahnya.

Sementara, Sekretaris Jurusan PBI, Saiful Akmal mengatakan bahwa kegiatan seperti ini diperlukan untuk pengembangan karir dan kelanjutan pendidikan ke depan.

“Termasuk pengembangan jaringan personal maupun organisasional yang perlu menjadi bagian dari kegiatan non-kurikulum di kampus dan komunitas di luar kampus,” ujar Saiful.

Saiful juga mengharapkan kegiatan ini dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Aceh yang berkualitas.

“Cita-cita masa depan Aceh dengan SDM berkualitas dimulai dari kegiatan semacam ini,” tambahnya.

Salah satu peserta, Sri Okta Rahmayani mengungkapkan, acara ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi di Banda Aceh.

“Sangat bermanfaat sekali, apalagi kami ini mahasiswi semester akhir, saya sekarang jadi lebih bersemangat ingin belajar di luar negeri,” ujar Sri. []

Ulfa Maghfirah

Mungkin Anda Menyukai