Sanggar Seni Seulaweut Adakan Droe Keu Droe

Sumberpost.com | Banda Aceh – UKK Sanggar Seni Seulaweut (S3) UIN Ar-Raniry mengadakan Droe Keu Droe (DKD) di Aula Lab School Unsyiah, Minggu (11/2/2018).

Kegiatan yang bertema Budaya Aceh Dile Koen Meugah, Dalam Seujarah Dile Saboeh Thoen, Troeh Bak Geutanyoe Bek Sampe Bicah, Budaya Megah Dak Jeut Beuhoroem ini dibuka oleh Wakil Rektor III, Prof Syamsul Rijal.

Dalam sambutannya, Prof Syamsul menekankan bahwa dalam berseni harus mempunyai inovasi baru.

Hal itu sangat penting untuk menandakan kreativitas si pelaku seni itu sendiri.

Ia meminta S3 harus mampu menunjukkan hal tersebut. Apalagi, kata Syamsul, program Gubernur Aceh saat ini yaitu menjadikan Aceh kreatif seperti program Aceh Meuadat dan Aceh Meuseniat.

“Di sinilah S3 harus berkiprah dan berperan dalam menjadikan Aceh kreatif, dan dalam visi dunia seni Anda harus bisa menjadikan UIN Ar-Raniry merespon program yang diadakan oleh gubernur saat ini,” kata Syamsul.

Sementara, Ketua Umum S3, Hafizh Aminullah mengatakan bahwa Droe Keu Dro ini adalah bentuk apresiasi dari pengurus untuk anggota baru.

Tujuannya yaitu untuk memperlihatkan hasil capaian mereka peroleh setelah dilatih oleh kabidnya masing-masing selama kurang lebih tiga bulan, baik dari segi tari, vocal, musik maupun akting.

“Hari ini merupakan ajang pembuktian bagi anggota S3 dan sekaligus ujian mental bagi adoe-adoe sebelum merasakan penampilan di panggung sesungguhnya,” kata Hafizh.

Hafizh mengaku yakin anggota baru S3 mampu menjaga nama baik sanggar dan mereka mampu melestarikan seni budaya Aceh hingga masa yang akan datang.

Ia menambahkan bahwa baru-baru ini S3 mendapat tawaran dari USA untuk mempromosikan budaya Aceh kepada seluruh pelajar di USA.

Menurutnya, tawaran tersebut sangat bagus dan S3 menyatakan kesiapannya untuk mengikutinya.

“InsyaAllah kita akan mengikuti program tersebut, harapan kita dengan program ini kita akan mendapatkan manfaat untuk mempertahankan eksitensi S3,” pungkasnya [mhf]

Rika Novia

Mungkin Anda Menyukai