Puluhan Mahasiswa Ikut Workshop Cara Menangkal Berita Hoax

Sumberpost.com | Banda Aceh – Puluhan mahasiswa dari berbagai universitas di Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti workshop dengan tema Peran Pers Kampus dan Mahasiswa Dalam Menangkal Berita Hoax di Ruang Seminar S2 Unmuha Aceh, Banda Aceh, Kamis (15/2/2018).

Kegiatan ini diadakan oleh empat lembaga pers mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Jurnalis Kampus (PJK) Banda Aceh.

Keempat lembaga tersebut yaitu UKPM Sumberpost UIN Ar-Raniry, LPM Lensa Unmuha Aceh, UKM Pers DETaK Unsyiah dan LPM Perspektif Fakultas Ekonomi Unsyiah.

Workshop ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Dosen Fakultas Hukum Unsyiah, Kurniawan, Redaktur Pelaksana Harian Rakyat Aceh, Maimun Saleh dan perwakilan dari Humas Polda Aceh, AKBP Sulaiman.

Ketiga pemateri itu memaparkan materi secara bergantian. Mereka dipandu oleh Ketua AJI Banda Aceh, Adi Warsidi.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia mengatakan bahwa pengaruh hoax sangat besar pada zaman sekarang ini, terutama pada masyarakat.

Bahkan, kata dia, hoax sudah menjadi permasalahan serius di Indonesia.

“Hoax sangat masif, tanpa disadari kita saja sudah menyebar hoax apalagi masyarakat, oleh karena itu peran mahasiswa terutama pers kampus sangat diperlukan dalam menangkalnya,” kata Mulyadi.

Ketua Panitia, Ghifari Hafmar dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan itu sangat penting bagi mahasiswa zaman sekarang yang hidup di era serba digital.

“Zaman sekarang ini yang menyebar hoax orang pintar tapi jahat, sedangkan yang menerima hoax orang bodoh tapi baik, oleh karena itu peran kita sangat dibutuhkan untuk menangkalnya,” ujar Ghifari.

Workshop diakhiri dengan diskusi antara pemateri dengan peserta. Pada sesi terakhir, seluruh peserta, pemateri dan panitia melakukan deklarasi bersama melawan hoax. []

Muhammad Fadhil