Satpam UIN Ikut Pendidikan Gada Pratama

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 15 orang Satuan Pengamanan (Satpam) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengikuti pendidikan dan latihan Gada Pratama, kegiatan tersebut akan berlangsung 14 Februari – 3 Maret 2018 mendatang, di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Neuheun Aceh Besar.

Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry, Junaidi Rasda, Rabu (14/2/2018) usai melepaskan peserta mengatakan, pendidikan dan latihan bagi satpam sangat penting, untuk meningkatkan keterampilan dan disiplin dalam bertugas.

“Merujuk pada lima budaya kerja Kemeneterian Agama, yakni profesional, inovatif, integritas, tanggung jawab dan keteladanan, budaya tersebut harus dimiliki oleh setiap pegawai di Lingkungan Kemenag,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa dalam kesempatan tersebut Junaidi menekankan pada tiga poin, yakni profesional, dimulai dari disiplin kerja dan memahami tugas dan fungsi dalam bertugas.

Kemudian kedua adalah inovatif, dengan perkembangan dan pengalaman kerja, maka harus ada perubahan yang lebih kreatif dan ketiga adalah keteladanan, teladan disemua tempat, baik ditempat kerja maupun di tempat tinggal masing-masing.

Kapolsek Syiah Kuala selaku Koordinator Satpam UIN Ar-Raniry, Asyhari Hendri mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama tiga minggu tersebut diharapkan para anggota satpam UIN Ar-Raniry mendapat pendidikan dan pengetahuan baru sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas nantinya.

“Selama pendidikan kami harapkan mereka bisa mendapat pendidikan bagai mana menjadi satpam yang professional, sesuai dengan aturan yang berlaku. Oleh kerena itu, selama pelatihan mereka akan diberikan materi-materi antara lain kedisiplinan dan pelajaran tambahan yang berhubungan dengan pekerjaan sebagai satpam,” ujarnya.

Asyhari mengaharapkan, setelah kembali dan mengabdi di UIN nantinya untuk melakasanakan tugas supaya ada perubahan yang sangat besar, yaitu sikap, pola pikir serta tingkah laku dan disiplin dalam menjalan tugas.

Angkatan XV

Wakil Koordinator Satpam UIN Ar-Raniry, AKBP (Purn). Buchari Juned menyebutkan, UIN Ar-Raniry saat ini memiliki 41 Satpam, 15 orang di antaranya belum mengikuti pendidikan Gada Pratama, ini merupakan angkatan XV dilaksanakan oleh UIN Ar-Raniry.

“Sebagian dari peserta latihan ini merupakan Satpan yang baru, sesuai dengan aturan yang berlaku maka semua anggota satpam yang menggunakan pakaian seragam itu harus melalui dengan pendidikan, minimal ada tiga tingkatan yakni tingkat pertama disebut gada pratama, namun ada jenjang selanjutnya yaitu gada madya dan yang terakhir gada utama,” ujarnya.

Menurut Buchari, tujuan dari pendidikan tersebut untuk membimbing mereka agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, selama pelatihan akan diajarkan ilmu kepolisian secara terbatas.

Sementara itu Danton Satpam UIN, Afrizal mengharapkan bahwa nantinya anggota satpam UIN setelah selesai pendidikan akan lebih trampil dalam mengsikapi keadaan di lapangan, di mana tugas di kampus adalah melayani pimpinan dan dosen, juga mengayomi para mahasiswa.

Pelatihan tersebut merupakan angkatan XV, dilaksanakan pada tahun 2018. Para anggota satpam ini ditugaskan oleh pimpinan untuk mengikuti latihan, demi meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugasnya. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai