Pimpinan Organisasi UIN Ikut Rapat Koordinasi Kemahasiswaan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pimpinan lembaga/organisasi mahasiswa di UIN Ar-Raniry mengikuti rapat koordinasi bidang kemahasiswaan dan kerjasama di Ruang Sidang I Biro Rektorat kampus setempat, Selasa (20/2/2018) sore.

Rapat dipimpin oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof Syamsul Rijal dan dihadiri oleh sejumlah wakil dekan III dari berbagai fakultas di kampus tersebut.

Dalam rapat itu, Syamsul Rijal menekankan kepada seluruh lembaga/organisasi mahasiswa untuk segera merealisasikan program yang telah direncanakan pada tahun 2018.

“Mulai besok seluruh lembaga mahasiswa sudah bisa membuat kegiatan, jangan tunggu akhir tahun,” kata Syamsul.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh lembaga mahasiswa untuk belajar dari tahun sebelumnya, di mana sangat banyak anggaran DIPA yang dianggarkan khusus lembaga mahasiswa tidak berhasil dicairkan.

Kondisi itu, kata Syamsul, sangat merugikan lembaga tersebut dan UIN Ar-Raniry umumnya.

“Ada beberapa lembaga yang tidak mencairkan amprahan sampai 10 juta, ini masalah serius, semoga ke depan tidak terulang lagi,” ujar Syamsul.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsul juga meminta kepada seluruh lembaga/organisasi di UIN Ar-Raniry untuk menyiapkan laporan kegiatan selama tiga tahun terakhir.

Kata Syamsul, laporan itu sangat penting untuk laporan akhir sebelum ia mengakhiri jabatan sebagai wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama kepada Kementerian Agama RI.

“Laporan ini memang diminta supaya dilihat apa-apa saja program mahasiswa selama ini,” ujarnya.

Teuku Khumaidi, salah satu perwakilan pimpinan mahasiswa mengkritik beberapa kebijakan kampus yang selama ini ia nilai memberatkan mahasiswa.

Hal yang paling disorot yaitu soal peminjaman gedung untuk kegiatan mahasiswa.

“Misalnya kami membuat kegiatan di Auditorium Aly Hasymi, kami harus membayar uang sewa, padahal ini milik kampus meski dikelola oleh BLUD,” kata Khumaidi.

Ia meminta agar persoalan itu menjadi tugas pimpinan UIN Ar-Raniry untuk mempertimbangkannya, apakah menghilangkan atau menurunkan biaya sewa.

“Semoga ada solusi, sehingga dapat memudahkan mahasiswa yang membuat kegiatan,” kata Ketua HMPS HES itu.

Menanggapi hal itu, Syamsul berjanji akan membicarakan hal tersebut pada pimpinan UIN Ar-Raniry maupun pihak terkait.

“Untuk menggratiskan memang tidak mungkin, tetapi untuk menurunkan biaya sewa saya yakin bisa,” jelas Syamsul. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai