Metode Hafal Alquran Menggunakan Gerakan Tangan, Diperkenalkan di Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat mengikuti training menghafal Alquran metode Kauny bertemakan “Menghafal Alquran Semudah Tersenyum” di Gedung Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Sabtu (10/3/2018).

Metode Kauny merupakan metode menghafal Alquran sekaligus terjemahannya dengan menggerakan tangan sesuai makna setiap ayat yang dibacakan.

“Ketika ada ayat yang membicarakan tentang langit, maka pembacanya wajib menggerakan tangan ke atas untuk menggambarkan langit. Hal ini bertujuan memudahkan ingatan si penghafal melanjutkan bacaan ke ayat berikutnya,” ungkap Ade Zezen, Master Trainer Metode Kauny dari Jakarta itu kepada Sumberpost.com.

 

“Bila si penghafal lupa, maka reflek gerakan tangan tersebut akan sangat membantu ingatannya untuk melanjutkan ke ayat berikutnya,” tambahnya.

Di waktu yang sama, Ketua Umum Hafizh On The Street (Hots) Aceh, Nizan mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan bertujuan agar masyarakat Aceh lebih tergerak hatinya untuk menghafal Alquran.

“Ke depan, semua peserta yang tengah menghafal Alquran agar terus bersemangat melanjutkan hafalannya hingga 30 juz dan kita berharap kepada seluruh masyarakat Aceh agar tergerak hatinya untuk mulai menghafal Alquran sejak dini,” kata Nizan. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai