Lestarikan Tradisi Tot Apam, Mahasiswa KPM Bantu Masak di Pidie

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry yang menjalankan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Gelombang I ke Kabupaten Pidie membantu masyarakat dalam rangka kenduri tot apam (masak kue apam), Senin (26/3/2018).

Di Gampong Tengoeh Baroeh Pemukiman Bambi sebanyak tujuh mahasiswa yaitu M. Jaisar Raju, Nanda, Nora, Afni, Leli, Najmatul, Ikhwani ikut membantu memasak kue tersebut sebagai sebuah tradisi yang setiap tahunnya dilaksanakan di Bulan Rajab.

Salah seorang warga disana Sabaruddin mengatakan bahwa hal ini dilakulan untuk menurunkan tradisi di Aceh khususnya pidie yang banyak telah hilang.

“Oleh karena itu, sebagai warga aceh saya menghimbau bahwa jagalah budaya dan tradisi kita agar tidak hilang dan punah,” ujarnya.

Ketua Himpunan Pendidikan Bahasa Arab M. Jaisar Raju mengatakan bahwa selama satu bulan KPM berjalan di Desa Teugoeh baroeh sendiri masyarakatnya sangat ramah, santun, sopan, dan juga peka dengan lingkungan.

“Kami sangat terasa sosialnya orang disini hampir smua masyarakat sudah kami ingat nama dan rumah,” kata Raju.

Di desa khususnya di Kabupaten Pidie hampir disetiap kampung lebih dari satu meunasah yang dipimpin oleh seorang geusyik. Dengan perangkat desa tuha 4, tuha 8, kaur pembangunan, pemerintahan dan umum. []

Husna

Mungkin Anda Menyukai