Sosialisasi Masuk UINAR di Sabang Berlangsung Meriah

Sumberpost.com | Sabang – UIN Ar-Raniry (UINAR) kembali melakukan sosialisasi masuk perguruan tinggi tahun 2018 bagi siswa-siswi tinggkat akhir pada sekolah di kota Sabang, kegiatan tersebut dilaksanakan di pesantren Terpadu Al-Mujaddin Kota Sabang, Selasa (27/3/2018).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan (Warek) I, Muhibbutthabary mengajak para siswa untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi, dikatakan bahwa belajar tidak ada batas waktu dan umur.

“Kepada para siswa generasi muda khususnya di Aceh, jangan putus semangat untuk melanjutkan pendidikan, karena belajar merupakan anjuran yang utama dalam ajaran agama Islam,” katanya.

Apalagi lanjut Muhib, UIN Ar-Raniry merupakan salah satu kampus yang termasuk dalam kategori sangat murah biaya SPP, karena UIN telah memberlakukan system uang kuliah tunggal (UKT), yakni disubsidi pemerintah.

“Saat ini sedang berlangsung proses pendaftaran calon mahasiswa, kami mengajak untuk segera mendaftar di UIN Ar-Raniry, malalui jalur penerimaan yang dibuka. Ada lima jalur yang dibuka dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2018 ini,” ujar Abon Muhib.

Dia menyebutkan, ke lima jalur tersebut antara lain, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan penerimaan mahasiswa baru (PMB) lokal UIN Ar-Raniry.

“Tata cata dan jadwal pendaftaran tersebut dapat dilihat pada brosur atau pengumuman pada website atau laman resmi UIN Ar-Raniry atau masing-masing website tersebut, terkait dengan syarat dan jadwalnya telah dicantumkan pada informasi tersebut,” ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Warek I, Muhibbutthabary juga memberikan hadiah kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan, bagi yang cepat dan dapat menjawab dengan tepat diberikan baju kaos “Ayo Kuliah di UIN Ar-Raniry”.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim mengatakan bahwa UIN Ar-Raniry terus berupaya memberikan yang terbaik kepada generasi bangsa, terutama anak-anak generasi muda Aceh.

“Pendidikan sangat penting, di zaman serba IT (informasi dan teknologi) ini, tanpa pendidikan kita akan terus tertinggal, apalagi untuk mendapatkan pekerjaan,” kata Farid.

Rektor mengakan, bahwa UIN Ar-Raniry selama ini telah berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman, di UIN Ar-Raniry hampir semua system telah menggunakan system IT, baik SIAKAD (system informasi akademik), system perpustakaan, pengembangan laboratorium dan banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan.

Saat ini minat calon mahasiswa yang mendaftar ke UIN Ar-Raniry terus meningkat, bahkan tidak hanya dari lokal (Aceh), juga dari seluruh Indonesia mendafatar ke UIN Ar-Raniry, termasuk sekarang diminati oleh mahasiswa luar negeri seperti Malaysia.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik Fadhli mengatakan, sosialisasi yang dilakukan di Pesantren Al Mujaddin berlangsung meriah, proses penyampaian materi dan diskusi dilakukan selain menggunakan bahasa Indonesia, juga dengan bahasa Arab dan Inggris.

“Kami merasa kebersamaan dengan para siswa tersebut telah menyatu, karena penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan bahasa sehari-hari mereka di Pesantren, yaitu bahasa Arab dan Inggris, itu merupakan salah satu modal mereka masuk ke UIN Ar-Raniry” kata Fadhli.

Kepala Sekolah Menegah Al-Mujaddin Kota Sabang, Irsarullah mengaku senang dan sangat bermanfaat atas kehadiran tim dari UIN Ar-Raniry dalam memberikan pengetahuan baru terhadap siswa-siswi, khususnya terkait dengan informasi memilih prodi di perguruan tinggi.

“Informasi yang disamapaikan sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kami, selama ini mereka masih bingung dalam memilih prodi-prodi di perguruan tinggi, dengan sosialisasi ini Insyaallah akan bermafaat banyak bagi mereka,” kata Dia.

Irsarullah berharap, kegiatan seperti dapat terus berlanjut setiap tahun, kerena informasi dalam memilih prodi untuk melanjutkan pendidikan sangat bermanfaat. [rel/ron]